Keutamaan Jumat, Ini Amalan Yang Bisa Mendatangkan Rejeki!

JABAR EKSPRES – Malam jumat dan hari jumat adalah malam yang banyak mendatangkan kebaikan khususnya bagi umat islam. Ada banyak amalan yang bisa dilakukan ketika malam jumat untuk mendatangkan keberkahan hidup dan ketenangan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin salat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

Mensucikan Diri

Sebagaimana lelaki muslim akan mengerjakan ibadah istimewa shalat Jumat. Maka melakukan mandi wajib sebelum melaksanakan ibadah sangat dianjurkan untuk menambah ke khusyukan ketika melakukan ibadah sholat jumat.

Membaca Surah Al Kahfi

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Memanjatkan doa atau shalawat untuk Nabi Muhammad SAW hendaknya memang dikerjakan setiap hari. Namun amalan ini juga sebaiknya tak ketinggalan dipanjatkan di hari jumat. Memperbanyak shalawat Nabi hendak meminta syafaat dari Rasulullah.

 

Keistimewaan Hari Jumat

Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Pada hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahim. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabada: “Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu,” (HR. Muttafaqu Alaih).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan