Edenfarm Berikan Bantuan Sarana Produksi Pertanian di Pesantren Situwangi Garut

Jabarekspres – Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Khususnya untuk meningkatkan produksi pertanian di Pondok Pesantren.

EdenFarm, pioner startup pasok pangan yang berfokus pada B2B menggandeng Situwangi Foundation untuk mengembangkan budidaya lahan pertanian hortikultura.

Situwangi Foundation merupakan yayasan pendidikan berbasis boarding school, telah berdiri sejak tahun 2010 dan menaungi 20 pesantren di Jawa Barat.

Untuk memenuhi kebutuhan operasional pendidikan anak yatim dan dhuafa di pesantren,  Situwangi Foundation memanfaatkan lahan pertanian di area pesantren untuk budidaya hortikultura seperti cabai keriting, kol dan wortel.

“Kami melihat Situwangi Foundation memiliki potensi hortikultura yang besar. Dengan pemanfaatan lahan yang lebih optimal serta kerja sama investasi yang kami lakukan, target nya adalah dapat meningkatkan pendapatan Situwangi Foundation untuk membiayai operasional pesantren sehari-harinya,” ujar Oki Harmawan, Chief Supply Officer, EdenFarm.

Situwangi Foundation memiliki lahan pertanian seluas 18 hektar dan Situ Alami; sebuah danau alami dengan luas 2 hektar, namun baru dioptimalisasikan hanya sekitar 5 hektar.

EdenFarm melalui ECF Garut hadir sebagai mitra dimana kami akan menyerap hasil panen berupa cabai kerinting, kol dan wortel serta memberikan pendampingan budidaya hortikultura agar hasil panen dapat lebih optimal.

‘’Selain itu, EdenFarm juga memberikan investasi pendanaan senilai Rp50.000.000 untuk keperluan sarana produksi (saprodi) untuk masa tanam selama satu tahun ke depan,”  ujar Oki.

Untuk terus mengembangkan ekosistem rantai pasok pangan yang sehat dan berkelanjutan, EdenFarm berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup serta operasional pendidikan di Situwangi Foundation, melalui Eden Collection Facilty (ECF) Garut.

Eden Collection Facility (ECF) merupakan sentra komoditas pasca panen dimana para mitra tani dapat membawa hasil panen mereka ke ECF terdekat, untuk kemudian disortir dan dikirim oleh tim ECF ke Eden Fulfillment Center (EFC) yang berada di kota-kota besar.

Di Jawa Barat sendiri EdenFarm telah memiliki 5 ECF termasuk, ECF Garut, ECF Caringin, ECF Sumedang, ECF Cipanas, dan ECF Pangalengan.

Simbolisasi penyerahan dana bantuan budidaya holtikultura kepada Situwangi Foundation berlangsung pada hari Senin, (12/12) di Pondok Pesantren Situwangi, Garut, Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan