Dorong Percepatan Pembangunan Daerah, Bupati Kabupaten Bandung Instruksikan Perangkat Daerah Kembangkan Inovasi

Jabarekspres.com – Sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang mempunyai jumlah penduduk sekitar 3,6 jiwa, tentunya Kabupaten Bandung harus memberikan pelayanan publik yang efektif, efisien dan akuntabel dengan mengoptimalkan teknologi saat ini.

Untuk itu, Bupati Bandung H.M Dadang Supriatna menginstruksikan kepada para Perangkat Daerah (PD) agar memiliki minimal satu inovasi yang diterapkan dalam tugas dan fungsinya masing-masing.

Hal itu harus dilakukan agar PD bisa meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik.

”Saya minta perangkat daerah agar memiliki minimal 1 inovasi dalam tusi (tugas dan fungsi) masing-masing. Kalau yang sudah ada, silahkan dikembangkan, agar pelayanan publik kepada masyarakat semakin prima, efektif dan efisien, sehingga upaya kita dalam menyejahterakan masyarakat segera tercapai,” ucap bupati disela acara peringatan Hakordia (Hari Anti Korupsi Sedunia) tingkat Kabupaten Bandung di GBS Soreang, Rabu (7/12).

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda (Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah) Kabupaten Bandung Erwin Rinaldi menyebutkan, Kabupaten Bandung telah memiliki berbagai inovasi yang dikembangkan dalam pelayanan publik, diantaranya Inovasi Sektor Pertanian dan Pangan serta Inovasi Sektor Kesehatan, Pendidikan dan Sosial.

Selain itu ada juga Inovasi sektor Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Inovasi Sektor Keuangan, Inovasi Sektor UMKM dan Inovasi Kecamatan.

Erwin menjelaskan, berbagai inovasi yang dikembangkan tersebut,  merupakan berbagai terobosan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik agar lebih baik.

”Inovasi-inovasi itu merupakan gagasan atau ide kreatif yang memberikan manfaat seluas-luasnya bagi kepentingan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung,” jelasnya.

Dia pun berharap dengan adanya inovasi-inovasi tersebut dapat menjadi katalis untuk mempercepat berbagai pencapaian target pembangunan di Kabupaten Bandung.

”Inovasi-inovasi ini juga dalam rangka mendukung Visi Kabupaten Bandung yaitu Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis, dan Sejahtera,” pungkasnya.

Berbagai inovasi yang dikembangkan Kabupaten Bandung dalam pelayanan publik:

  1. Inovasi Sektor Pertanian dan Pangan:
  • Aplikasi Lagu Seriosa: Aplikasi pelayanan publik dalam penerbitan sertifikat veteriner secara online
  1. Inovasi Sektor Kesehatan, Pendidikan, dan Sosial

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan