Demi Konten, Video Hoax Gempa di Garut Banyak Beredar

GARUT – Demi sebuah konten agar banyak dilihat orang, beberapa video hoax gempa di Kabupaten Garut beredar luas melalui jejaring media sosial (Medsos).

Video-video tersebut memperlihat banyak bangunan yang runtuh akibat gempa. Padahal, gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (3/12) pukul 16,49 WIB itu tidak menimbulkan kerusakan yang besar seperti tayangan video tersebut.

BACA JUGA: Awas Jangan Baper! Link Quis Tes Ujian Seberapa Besar Perasaanmu Naksir Dia

Berdasarkan pengamatan, banyak video-video yang sengaja dibuat di media sosial memperlihatkan sejumalah kerusakan yang cukup parah.

Untuk itu, bagi masyarakat, jika menemukan video yang memperlihatkan sejumlah kerusakan fasilitas rumah warga, maka itu adalah tidak benar.

BACA JUGA: Link Tes Ujian Cuek ini, Bisa Mengetahui Pasangan Peduli apa Enggak!

Video tersebut sengaja dibuat oleh warganet yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan mencari perhatian dan demi mendapatkan pengikut atau follower banyak.

Video yang ditayangkan tersebut sebetulnya kejadian ketika gempa di Cianjur. Sedangkan kejadian gempa di Kabupaten Garut tidak seperah narasi yang ditayangkan di video itu.

BACA JUGA: 10 Rahasia Dapat Saldo Dana Gratis Jutaan dari Website Safelinku, Gak Nyoba Rugi!

Untuk itu, bagi masyarakat yang menemukan video tersebut sebaiknya tidak langsung percaya begitu saja bahwa kejadian tersebut benar-benar akibat gempa di Garut.

Untuk diketahui, Berdasarkan rilis dari BMKG, gempa dengan kekuatan 6,4 magnitudo terjadi pada jam 16.49 wib, Sabtu 3 Desember 2022.

BACA JUGA: Ini Dia, Daftar Aplikasi WhatsApp Mod yang Bisa DIgunakan!

Gempa tersebut terjadi di lokasi 7.51 LS,107.52 BT (52 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR), dengan kedalaman 118 km.

BMKG  menegaskan bahwa kejadian gempa itu tidak berpotensi tsunami akibat gempa tersebut.

BACA JUGA: Bansos PKH Tahap 4 Sudah Cair, Begini Cara Ceknya!

Berdasarkan laporan dari Pusdalops PB-BPBD Kabupaten Garut,  kejadian gempa memiliki dampak di tiga kevamatan di antaranya Kecamatan Pakenjeng, Kecamatan Cikelet, dan Kesamatan Selaawi

Untuk sementara baru satu korba mengalami luka-luka yang terdata,  dan rumah penduduk hanya sedikit mengalami kerusakan.  (yan).

Video Hoax, WhattsApp Mod, Tokopedia, Saldo Tokopedia, Tokopedia Affiliate, PKH, Indonesia Pintar,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan