Waspada! Sesar Lembang Aktif, Gempa Bumi Maha Dahsyat Mengancam KBB dan Sumedang

Editor:

BANDUNGWarga Kabupaten Bandung Barat atau KBB dan Semedang harus mewaspadai ancaman gempa bumi dengan madnitude 6,5 hingga 7 Skala Richter (SR). Ini akibar Sesar Lembang sedang aktif.

Gempa yang mengancam dua kabupaten di Jabar itu diperkirakan lebih besar dari gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur beberapa pekan lalu.

Peniliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Mudrik Rahmawan Daryono menyebut, sesar Lembang saat ini sedang aktif dan telah memasuki fase pelepasan energi.

Mudrik menjelaskan, gempa akibat sesar teresebut memiliki panjang sekitar 29 kilometer (Km) diprediksi akan terjadi dalam periode 100 tahun ke depan.

Selain itu, gempa tersebut juga diprediksi memliki kekuatan magnitude 6,5 – 7 SR alias lebih besar dari gempa yang terjadi di Cianjur. Gempa itu pula kata Mudrik, Kabupaten Bandung Raya dan Sumedang paling terancam dampaknya.

“Tapi guncangan itu tergantung dari tanah setempat. Jadi ada semacam amplifikasi, semacam guncangan yang lebih besar di tanah yang lebih lunak, jadi goncangan luar biasa itu akan dialami wilayah Bandung Raya bahkan hingga Sumedang,” ujar Mudrik kepada Jabar Ekspres, Rabu 30 November 2022.

 

Panjang Sesar Lembang Cukup Sifnifikan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *