Aksi ‘One Love’ Timnas Jerman Berakhir dengan Hanya ‘One Goal’, Pendukung Menyesal

JABAR EKSPRES – Aksi tutup mulut yang diartikan ‘one love’ oleh Timnas Jerman menuai cibiran bagi sebagian penonton Piala Dunia 2022.

Aksi tersebut dilakukan Timnas Jerman jelang kickoff saat menghadapi Jepang pada laga penyisihan grup Piala Dunia 2022 pada Rabu 23 November 2022, di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar.

Menurut Timnas Jerman, aksi tutup mulut para pemain dilakukan sebagai bentuk protes kepada FIFA yang melarang mereka memakai ban kapten pelangi ‘One Love’ sebagai kampanye ramah LBGT+ di Piala Dunia 2022.

“Kami ingin menggunakan ban kapten kami untuk mempertahankan nilai-nilai yang kami pegang di tim nasional Jerman yaitu keberagaman dan saling menghormati. Bersama dengan bangsa lain, kami ingin suara kami didengar,” tulis penjelasan timnas Jerman di akun Instagram resmi pada Rabu (23/11).

Alih-alih ikut mendukung kampanye LGBTQ, sebagian netizen meminta Jerman untuk fokus pada jalannya pertandingan daripada mendukung kampanye yang tidak ada keterkaitan dengan jalannya pertandingan bola di Pila Dunia 2022 Qatar.

“Akhirnya kalian kalah,” ujar salah satu netizen di unggahan Instagram Timnas Jerman.

“Terlalu banyak bicara, sedikit bermain bola,” ujar netizen lain.

“Sibuk kampanye One Love, akhirnya hanya mencetak One Goal.”

“Lol.”

“Bagaimana hak asasi manusia dicapai? Dengan pemikiran magis atau dengan politik?” ujar seorang jurnalis, Teresa Bucker.

Petinju Profesional asal Jerman, Shokran Parwani, bahkan ikut berkomentar dengan kampanye “one love” yang dilakukan Timnas Jerman. Dia mengatakan, terlalu larutnya Jerman dalam aksi politik di Piala Dunia justru menjadi celah untuk Jepang mencuri kemenangan.

“Fokus pada para pemain sepak bola, Anda begitu memalingkan kepala melalui sikap politik sehingga Jepang mengalami masa-masa yang mudah! Sulit dipercaya Jika Anda memenangkan pertandingan setelahnya, Anda masih bisa mengekspresikan diri dengan baik! Bukan apa-apa hari ini, dan akan sulit untuk menang melawan Spanyol,” ujar Shokran.

Aksi ‘one love’ tersebut malah berkahir dengan ‘one goal’. Timnas Jerman berhasil dikalahkan Timnas Jepang dengan skor 1-2.

Sementara itu, Pelatih Jerman Hansi Flick buka suara mengenai permasalahan yang menjadi sorotan dalam ajang Piala Dunia ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan