Drama Drama

 

Johannes Kitono

Cerita tentang Bakmi. Ada ortu yang sudah capek didik anaknya yang bandel. Nilai akademis pas pasan dan setiap hari kerjanya hanya main basket saja. Dengan biro jasa seperti EVDM, anak itu dikirim ke Xia Men, China seberang Taiwan. Targetnya sederhana asal bisa bahasa Mandarin dan boleh teruskan hobby basket. Nanti pulang ke Indonesia bisa jadi pelatih Basket atau Tukang Kua Mia juga ok. Ternyata saat di sana ada Warung Bakmi yang adakan kompetisi makan Bakmi. Si anak bandel ikut dan menghabiskan 26 mangkok. Jadi juara 1 dan hadiahnya setiap hari dapat 1 mangkok Bakmi gratis sampai ada yang memecahkan rekornya.Setengah tahun di Xia Men si anak pulang ke Jakarta tanpa bawa ijazah. Prestasinya hanya pernah juara makan bakmi saja. Apakah Bakmi Sagolisious juga ada event kompetisi makan bakmi ? Supaya juara makan bakmi Xia Men bisa test ilmunya disana.

 

Leong putu

Hari Senin makan Labu / Hari Selasa makan Keju / Kalau permasalah sagu / Maaf saya tidak bisa bantu / .. 365_mantun Disway.

 

Amat Kasela

Sembunyi tangan melempar batu Tangannya luka terkena kawat Saya juga tidak bisa bantu Mohon maaf mau numpang lewat Permisiii ….

 

yea aina

+62 adalah pengimpor gandum no 1 di dunia, berjumlah 10,29 juta ton (sumber data FAO 2020). Sepanjang 2021 impor gandum +62 dari negeri kangguru meroket hingga 515% dibanding tahun sebelumnya (sumber data trademap 2021). Penyebabnya anda sudah tahu. Negeri ini konsumen besar gandum yang juga anggota G20. Karena konsumsi gandum kita “penentu” perekonomian negeri pengekspor gandum dunia kwkwkw.

 

Johan

Masa panen pohon sagu terlalu lama. Butuh 5 tahun atau lebih baru siap diambil batang pohonnya. Kurang ekonomis untuk budidaya bersifat komersial. Masalah selanjutnya setelah ditebang, menggarap ulang lahannya juga tidak mudah, karena akar pohon sagu yang berserabut tebal. Mirip-mirip pohon kelapa dan sawit. Perlu alat berat untuk menggarap tanah bekas lahan pohon sagu. Pilihan lain setelah di panen, lahan bekas sagu dialihfungsikan untuk budidaya tanaman lain. Tapi jika begitu, tentu menjadi tidak berkelanjutan. Pendapat saya, budidaya sagu hanya bisa dikerjakan oleh perusahaan bermodal besar. Untuk petani kecil terlalu banyak kendalanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan