SMA Negeri 1 Bandung Gelar Balinosa

jabarekspres.com SMA Negeri 1 Bandung menggelar acara Bazar Literasi November Satu (Balinosa). Kegiatan tersebut merupakan gelar karya yang merupakan bagian dari program penguatan profil pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dengan tema wirausaha.

Hal itu diungkapkan Kepala SMA Negeri 1 Bandung Tuti Kurniawati disela-sela kegiatan di Jalan Ir. H. Juanda No.93, Kota Bandung, Selasa 8 November 2022.

Di lansir dari laman resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) Tuti mengatakan, di tahun sebelumnya, atau saat kondisi pandemi Covid-19, gelaran Balinosa dilakukan secara virtual. Namun seiring kondisi semakin membaik, maka Balinosa pun digelar secara langsung.

Alhamdulillah acar kali ini bisa semarak dan meriah,” katanya.

Dia mengungkapkan, kegiatan kali ini mengambil topik business plan dan bazar kewirausahaan. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Balinosa yang memang digelar setiap November.

”Kami menggelar kegiatan ini dalam rangka memfasilitasi, memotivasi, dan mengapresiasi seluruh karya siswa yang merupakan hasil project kolaborasi mata pelajaran,” ungkapnya.

Selain para siswa para guru pun turut memeriahkan acara dengan menanpilkan pertunjukan kesenian. Kegiatan tampak lebih meriah karena selain menampilkan seni dan produk wirausaha, siswa yang hadir pun menggunakan berbagai kostum unik seperti cosplay anime, Harry Potter hingga Thomas Shelby.

Tuti berharap, kegiatan ini mampu menumbuhkan karakter anak, seperti inovatif, gotong-royong, dan berpikir kritis.

Disdik Jabar Apresiasi Kegiatan

Kegiatan Balinosa tahun ini dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) I Made Supriatna.

Dia pun sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, selain mampu meningkatkan bakat dan kreativitas siswa, kegiatan ini juga bagian dari pengimplementasian dari Kurikulum Merdeka.

”Ini adalah bagian dari kurikulum yang betul-betul dibuat untuk anak-anak (siswa),” terangnya.

Menurutnya, kegiatan yang digelar SMA Negeri 1 Bandung itu salah satu bentuk dalam upaya menumbuhkembangkan bakat dan kreativitas siswa. Sehingga, ia pun mendorong satuan pendidikan untuk terus menciptakan program yang variatif.

”Tetap berkarya dan jadilah siswa Jabar juara. Tetap harmonis dan kolaboratif,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, atau saat meninjau kegiatan, Made pun menjajaki seluruh stan kewirausahaan para siswa dan mencicipi satu per satu kuliner yang dijajakan. (dsdkjbr/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan