Cegah Dini Tindak Pidana Korupsi, Kejari Kota Cimahi dan DPRD Tandatangani Pakta Integritas

jabarekspres.com Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi berkolaborasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi. Kerjasama ditandai dengan penandatangan pakta integritas terkait sosialisasi kolaborasi pencegahan dini tindak pidana korupsi.

Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Kota Cimahi Carlo Lumbanbatu mengatakan, dengan kerja sama penandatangan pakta integritas tersebut, maka pihak Kejari Kota Cimahi bakal ikut mengawasi, mengawal dan melakukan pendampingan hukum dalam penyerapan anggaran belanja daerah di lingkungan DPRD.

”Kerja sama ini kita lakukan dalam upaya pencegahan dini tindak korupsi,” kata Carlo melalui siaran pers-nya, Rabu 9 November 2022.

Dia berharap, melalui agenda penandatanganan pakta integritas ini juga, Kejari Cimahi dan DPRD Kota Cimahi dapat memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, serta bisa menumbuhkembangkan keterbukaan dan kejujuran.

”Kita juga berharap kerja sama ini bisa memperlancar pelaksanaan tugas yang berkualitas, efektif, efisien dan akuntabel, serta mewujudkan pemerintah dan masyarakat Indonesia yang maju, mandiri, bertanggungjawab, dan bermartabat dengan dilandasi oleh nilai-nilai luhur budaya bangsa, Undang-Undang Dasar Negara RI 1945, dan Pancasila,” bebernya.

Dia menilai, penandatanganan pakta integritas menjadi penting sebagai bentuk komitmen tertulis dalam upaya menjalankan fungsi integritas dan akuntabilitas kinerja.

”Intinya kita ingin meminimalisir kemungkinan terjadinya malfungsi tugas dan peran para pejabat dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing yang dapat menghambat pencapaian tujuan organisasi,” tuturnya.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi Rosalina Sidabariba dalam kesempatan itu menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk tidak melakukan perbuatan tercela serta senantiasa menjadi teladan bagi jajaran dan masyarakat sekitarnya.

”Apabila ada yang melakukan hal tercela segera laporkan kepada saya selaku Kepala Kejaksaan Negeri Cimahi atau kepada Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Cimahi,” tegasnya.

Rosalina menuturkan, menghadapi tahun pesta demokrasi/pemilu 2024 yang tahapan-tahapan pemilu sudah berjalan, sebaiknya semua elemen masyarakat bersama-sama bersinergi untuk menciptakan pemilu yang damai.

”Kedamaian dapat menunjang terselenggaranya pemerintahan yang stabil  dan perekonomian dapat berjalan dengan baik,” tutupnya. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan