Gerhana Bulan Total Selasa 8 November 2022 Bisa Dinikmati di Titik Lokasi Ini

JAKARTA – Gerhana Bulan total terjadi hari Selasa, 8 November 2022 besok.

Menurut ahli dari ORPA BRIN, Andi Pangerang, Gerhana Bulan Total merupakan fenomena astronomi yang terjadi ketika seluruh permukaan Bulan memasuki bayangan inti (umbra) Bumi.

Andi Pangerang menjelaskan bahwa gerhana bulan total ini terjadi akibat konfigurasi tertentu.

“Hal ini disebabkan oleh konfigurasi antara Bulan, Bumi dan Matahari membentuk garis lurus,” kata Andi Pengerang di laman resmi ORPA BRIN.

Ia juga menjelaskan bahwa mengapa gerhana Bulan total sampai bisa terjadi, karena posisi Bulan saat itu akan berada di dekat titik simpul orbit Bulan.

Titik simpul orbit bulan adalah perpotongan antara bidang edar Bumi mengelilingi Matahari, dengan orbit Bulan.

Andi Pangerang juga menjelaskan bahwa Gerhana Bulan Total terjadi ketika fase Bulan Purnama terjadi.

Meski begitu, lanjut dia, tidak semua fase Bulan Purnama dapat mengalami Gerhana Bulan.

Ia juga menjelaskan bahwa gerhana Bulan kali ini adalah sebesar 1,3589 dengan jarak pusat umbra ke pusat Bulan sebesar 0,2570.

“Gerhana ini termasuk ke dalam gerhana ke-20 dari 72 gerhana dalam Seri Saros 136 (1680-2960),” ungkapnya.

Dan meski judulnya gerhana bulan, namun saat Bulan memasuki penumbra atau bayangan samar Bumi, warna Bulan nantinya akan berubah kemerahan.

Menurut dia, warna Bulan menjadi kemerahan saat gerhana Bulan total terjadi ini, disebabkan oleh mekanisme Hamburan Rayleigh yang terjadi pada atmosfer Bumi.

Fenomena Gerhana Bulan Total akan melewati beberapa fase yaitu: (1) Awal masuknya Bulan ke penumbra (bayangan samar) Bumi; (2) Awal masuknya Bulan ke umbra (bayangan tegas) Bumi; (3) Awal puncak gerhana; (4) Puncak gerhana; (5) Akhir puncak gerhana; (6) akhir Bulan keluar dari umbra, dan (7) akhir Bulan keluar dari penumbra.

Menurut Kepala UPT OAIL Dr. Hakim L Malasan, M.Sc., fase pertama gerhana Bulan total awal di mulai dengan Bulan masuk ke penumbra Bumi, terjadi pada saat Bulan belum terbit, yaitu pada pukul 15:47 WIB.

Selanjutnya yaitu fase gerhana sebagian dimulai pada 16:44 WIB. Bulan akan terbit di Bandar Lampung pada pukul 17.47 WIB dalam kondisi gerhana bulan sebagian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan