Atlet Panjat Tebing Kabupaten Bandung Optimis akan Sumbang Medali

KAB BANDUNG – Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) ke XIV sudah dimulai dengan mempertandingkan beberapa cabang olah raga. Masing-masing atlet dari seluruh kabupaten/kota pun terus menggencarkan pelatihannya, agar semakin matang saat bertanding salah satunya di Cabor panjat tebing.

Seperti para atlet panjat tebing kontingen Kabupaten Bandung, terus berlatih agar bisa membawa nama daerah menggapai banyak prestasi.

Sang Pelatih Atlet Panjat Tebing Kontingen Kabupaten Bandung, Tantan Rustandi (45) mengaku, optimis para anak didiknya yang akan bisa mengalahkan lawan saat kompetisi nanti.

“Optimis bisa dapat prestasi di setiap kategori panjat tebing,” kata Tantan saat ditemui di area Stadion Si Jalak Harupat pada Selasa, 1 November 2022.

Menurutnya, panjat tebing bukanlah olahraga yang bisa dilakukan secara asal-asalan.

“Mental harus berani, fokus harus tinggi dan tenaga juga enggak di tangan atau kaki saja, tapi seluruh otot yang ada di tubuh kita itu digunakan,” ujar Tantan.

Dia menerangkan, pada kompetisi Porprov Jabar ke XIV ini, target prioritas untuk dimenangkan dalam cabor panjat tebing yakni di kategori bouldering.

Diketahui, olahraga panjat tebing kategori bouldering merupakan seni panjat-memanjat di bebatuan besar.

Sementara tebing atau dinding yang digunakan relatif tidak terlalu tinggi, adapun ketinggiannya antara 2 sampai 5 meter.

Menariknya, olahraga panjat tebing kategori bouldering ini dilakukan para atlet tanpa menggunakan pengaman tali ataupun harness, namun hanya ada matras yang diletakkan di bawah untuk mengantisipasi jatuhnya pemanjat.

“Harapan saya setiap atlet bisa dapat medali dan meraih prestasi,” imbuh Tantan.

Dia menegaskan, pada kompetisi Porprov Jabar ke XIV ini, untuk olahraga panjat tebing dari kontingen Kabupaten Bandung akan dikerahkan sebanyak 14 pemanjat dengan bermacam kategori nantinya.

“Harapan ke depannya, fasilitas panjat tebing yang sudah ada bisa dirawat dan dimanfaatkan terus,” pungkas Tantan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan