Pijar Mahir Dukung Fordigi Kembangkan Kualitas Talenta Digital BUMN

JABAREKSPRES.COM – Indonesia semakin bergerak menuju digital nation dengan terus menggeliatnya jumlah Startup di Indonesia. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital sekaligus BUMN, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui produk digital unggulannya, Pijar Mahir secara berkelanjutan berupaya menumbuhsuburkan talenta digital yang menjadi mesin utama perkembangan Startup di Indonesia.

Diantara yang mendapat dukungan untuk mengembangkan strarup di Indonesia adalah melalui program utamanya Forum Digital Indonesia (Fordigi).

Forum Digital Indonesia (Fordigi) hadir sebagai mitra Kementerian BUMN yang berperan dalam mengembangkan ekosistem dan talenta digital berstandar global di lingkungan BUMN.

Dengan diperkuat oleh keterlibatan jajaran direksi guna mempercepat akselerasi transformasi digital di BUMN untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Fordigi sendiri resmi diluncurkan pada 14 April 2022 oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir.

Selama bulan Oktober 2022, Fordigi telah melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kapabilitas talenta digital BUMN di Indonesia.

Kegiatan diawali dengan Sosialisasi Program Digital Talent BUMN dan Sharing Session dengan tema “Keamanan Data BUMN” dalam rangka membangun kapabilitas digital melalui pengembangan talenta berbasis kompetensi teknologi informasi dan digital, serta merespon isu keamanan siber nasional (4/10).

Acara tersebut dihadiri oleh 41 perwakilan Direktur bidang HCM dan Direktur bidang IT BUMN, yang juga menandai kick off dari 3 program utama Fordigi untuk menciptakan talenta digital terbaik BUMN.

“Sosialisasi Program Digital Talent BUMN adalah upaya dari Fordigi untuk menjembatani dan memfasilitasi peningkatan kapabilitas digital talent BUMN, terkait arahan Pak Menteri BUMN yang memiliki visi pada tahun 2024, harapannya 20% talenta BUMN harus memiliki kapabilitas di bidang digital” ucap Fajrin Rasyid selaku Ketua Umum Fordigi sekaligus Direktur Digital Business Telkom Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang SDM & TI KBUMN Tedi Bharata menambahkan, “Digital talent ini penting sekali, tapi hal pertama yang harus dilakukan sekarang adalah pemetaan sendiri, digital talent versi masing-masing. Kita harus petakan dulu sebenarnya kita sudah sampai mana. Seperti apa kondisi kita sekarang, lakukan sekarang, nanti selanjutnya kita maju sampai ke roadmap 20%.”

Pada sesi pemaparan Overview Program Digital Talent BUMN 2022, Panji Winanteya Ruky selaku Ketua Bidang I – Digital Capability Building menyampaikan 3 program utama Fordigi yang salah satunya didukung oleh Pijar Mahir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan