FK Unjani Berupaya Kurangi Angka Gangguan Penyakit Hati dan Pencernaan

Jabarekspres.com – Dalam upaya mengurangi penyakit hati dan gangguan pencernaan serta morbiditas serta mortalitasnya, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani  (FK Unjani) menggelar screening pemeriksaan dan penyuluhan.

Kegiatan dilakukan tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) FK Unjani bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unjani di Kecamatan Babakan Ciparay.

Dalam acara yang berlangsung di Geding PGRI Kota Bandung, Senin 23 Oktober 2022 itu hadir sebagai narasumber yang juga sekaligus Ketua Pelaksanaan Pengmas FK Unjani dr. Dinar Mutiara, M.Kes.

Dalam sambutanya, Dinar mengatakan, kegiatan, merupakan bagian dari langkah kongkrit dalam upaya mengurangi angka kejadian penyakit pada hati dan gangguan perncernaan serta morbiditas dan mortalitas akibat penyakit tersebut di masyarakat. Khususnya di wilayah Kota Bandung Kecamatan Babakan Ciparay.

” Peserta yang hadir ada sebanyak 93 orang yang telah terdaftar menjadi prolanis di Kecamatan Babakan Ciparay ini,” katanya, melalui siaran tertulis.

Menurutnya, pengmas kali ini terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan kesehatan mulai dari screening fungsi hati melalui pemeriksaan laboratorium SGOT dan SGPT  dan juga penyuluhan terkait manfaat probiotik untuk pencernaan.

Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (FK Unjani) harus berperan dalam menurunkan angka morbiditas dan mortalitas penyakit pada hati serta penyuluhan  kesehatan pencernaan,” bebernya.

Dia menjelaskan, peserta kegiatan adalah prolanis yang sudah terdaftar yang sebelumnya melakukan registrasi terlebih dahulu.

”Setelah itu prolanis tersebut melakukan pemeriksaan tanda vital, pengambilan darah untuk pemeriksaan SGOT dan SGPT, dan konsultasi kesehatan,” terangnya.

Pada kegiatan ini juga diadakan senam pagi untuk menumbuhkan minat aktivitas fisik dari para prolanis.

”Kegiatan pemeriksaan dan penyuluhan dilaksanakan setelah senam. Kami juga memberikan bingkisan produk probiotik kepada peserta,” pungkasnya. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan