Plt Bupati Bogor Minta Santri Berperan Aktif dalam Memajukan Bangsa Indonesia

BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor bersama jajarannya menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu 22 Oktober 2022.

Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 kali ini mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” yang memiliki arti bahwa santri selalu telibat aktif dalam sejarah bangsa Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, Santri dengan segala kemampuan bisa menjadi apa saja, tak hanya dalam bidang ilmu keagamaan saja, akan tetapi santri bisa merambah ke berbagai bidang profesi serta, termasuk memimpin negara.

“Meski mereka bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilaku. Sebab bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan,” kata Iwan.

Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, lanjut Iwan Setiawan, santri diharapkan bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, senantiasa berprinsip menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama.

“Di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk, bagi santri menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia,” tambahnya.

Peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, tetapi adalah milik  semua komponen bangsa. Untuk itu, Politisi partai Gerindra itu mengajak semua komponen ikut berperan serta dalam merayakan hari santri. Salah satunya dengan cara menapak tilas perjuangan santri yang senantiasa menjaga martabat kemanusiaan bangsa Indonesia.

“Melalui momen upacara ini mari kita bersama mendoakan para pahlawan terutama kalangan ulama, kyai dan santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama,” lanjutnya.

Iwan menambahkan, kini santri dari pondok pesantren modern maupun salafiyah diharapkan bisa menjadi pemimpin dan berperan serta dalam memajukan bangsa Indonesia.

“Santri bisa jadi pemimpin di semua bidang, dukungan kami pemerintah juga terus dilakukan melalui program bantuan yang diberikan kepada pimpinan Ponpes modern dan salafiyah untuk meningkatkan kesejahteraan dalam proses belajar mengajar. Juga peningkatan sarana dan prasarananya kita bantu agar proses belajar mengajarnya nyaman,” pungkas Iwan dalam sesi upacara Hari Santri Nasional di Lapangan Tegar Beriman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan