7 Manfaat Kerja Freelance untuk Mahasiswa, Lebih Bagus Ketimbang Magang?

Jabarekspres.com – Siapa bilang mahasiswa tidak bisa kerja? Di era keterbukaan informasi seperti ini, mahasiswa seperti Anda sangat mungkin mendapatkan pundi-pundi rupiah dari kerja freelance.

 Berbagai pekerjaan part-time tersebar luas di Internet dan dapat Anda apply meskipun belum lulus kuliah. Selain meraup kompensasi berupa gaji, CV Anda akan lebih gemuk dan membantu Anda mudah mendapatkan pekerjaan saat lulus nanti.

Keuntungan Kerja Freelance Bagi Mahasiswa

Sebenarnya, kalau diperhatikan lagi, banyak sekali keuntungan kerja freelance bila Anda memulainya saat masih berstatus sebagai mahasiswa.

Jangan tunggu nanti, ada banyak sekali pekerjaan freelance yang bisa Anda apply tanpa syarat lulus S1. Beberapa keuntungan bekerja freelance berikut ini pun tentu akan Anda dapatkan. Simak, yuk!

1.    Mendapatkan Kompensasi

Salah satu benefit dari kerja freelance adalah adanya kompensasi yang diberikan dari pihak pemberi kerja. Bentuk kompensasi ini tidak selalu berupa uang. Ada juga pemberi kerja yang mentransfer sejumlah pulsa atau voucher jalan-jalan pada freelancer mereka.

Oleh karena itu, jika Anda mendapatkan tawaran untuk mengambil job, tanyakan terlebih dahulu apa kompensasi yang akan Anda terima. Pastikan Anda memperoleh berkas perjanjian kerjasama yang ditandatangani antara Anda dengan pemberi kerja.

Nah, berkas perjanjian kerjasama ini dapat digunakan sebagai landasan hukum saat salah satu pihak tidak dapat memberikan kewajiban mereka dengan baik.

2.    Mempertajam Keahlian

Pekerjaan freelance yang dilakukan semasa kuliah dapat membantu Anda mempertajam skill. Selama ini, mungkin Anda mempelajari berbagai keahlian secara otodidak tanpa bantuan dari mentor.

Nah, dengan bekerja sebagai freelancer, Anda bagaikan memeroleh bos yang secara bersamaan menjadi mentor Anda juga. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan bertanya berbagai hal yang tidak Anda pahami terkait pekerjaan.

Bertanya langsung ke ahlinya adalah privilege yang akan membantu karir Anda melesat lebih tajam nantinya.

3.    Memperluas Relasi

Seiring berjalannya waktu, Anda akan memperoleh banyak klien dengan berbagai request yang berbeda. Nah, banyaknya klien tersebut bisa jadi relasi terbaik yang bisa jadi mengantarkan Anda pada pekerjaan selanjutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan