Kopi Asal Gununghalu Tembus Pasar Amerika hingga Bahrain

JabarEkspres.com, KAB. BANDUNG BARAT – Kopi asal Jawa Barat, lebih tepatnya Kopi Gununghalu di Kabupaten Bandung Barat, berhasil menembus pasar internasional.

Selain itu, kini para petani bisa melakukan ekspor secara mandiri tanpa melalui para eksportir.

9,1 ton greenbean dilepas oleh petani kopi dari perkebunan Gununghalu untuk dijual ke negara-negara di Amerika, Timur Tengah, dan Eropa.

“Amerika itu kita kirim ke Boston, Florida juga Chicago. Sedangkan Eropa ke Belanda sama Turki. Untuk Timur Tengahnya kita mengirim ke Bahrain sama Saudi Arabia,” kata perwakilan petani Kopi Gununghalu, Rani Mayasari ketika ditemui setelah acara pelepasan ekspor kopi di Bandung Barat, Jumat, 23 September 2022.

Ekspor saat ini merupakan ekspor pertama yang dilakukan secara mandiri tanpa melalui pihak ketiga atau eksportir.

“Yang diekspor ini 9,1 ton greenbean. Jika dirupiahkan nilai ekspornya sekitar Rp1,5 miliar,” ucap Rani.

Bangkit dari krisis ekonomi pascapandemi setelah dua tahun lebih menyerang tanah, ekspor produk Kopi Gununghalu menjadi bukti para petani mampu bangkit.

Saat pandemi, para petani tidak berhenti, namun terus-menerus menggodok kapasitas juga meningkatkan kualitas kopi dari yang dianggap biasa sampai benar bisa menghasilkan kualitas kopi yang spesial.

“Jadi, dengan peluncuran ekspor yang sekarang di-support oleh pak bupati, harapan saya prosesor yang lain pun bisa ikut memulai untuk ekspor produknya sendiri, memproses hasil panennya sendiri, tidak menjual hasil panen cherry kopi mentah ke provinsi lain,” ucap Rani.

Dukungan ekspor Kopi Gununghalu tidak lepas dari dorongan pemerintah yang memudahkan regulasi ekspor.

Pemkab Bandung Barat akan membantu secara administrasi agar para petani bisa melakukan ekspor produk-produk mereka secara berkelanjutan.

“Saya mengapresiasi para petani milenial Bandung Barat yang berhasil mengekspor sebesar 9,1 ton produk kopi dari Gununghalu yang tidak melalui eksportir. Kita apresiasi mudah-mudahan ini bisa berkelanjutan,” kata, Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

Bandung Barat memiliki tiga kopi unggulan, menurut Hengky, yang berani bersaing di pasar dunia. Di antara tiga kopi tersebut ialah Kopi Tangkubanperahu, Kopi Burangrang Selatan (Bursel), dan Kopi Gununghalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan