Respons Pengamat Soal Penggunaan Bus Sekolah Bagi ASN

Editor: Reporter: Muhammad Nizar

JabarEkspres.com, BANDUNG – Rencana penggunaan bus sekolah yang tidak terpakai, guna mengangkut aparatur sipil negara (ASN) di Kota Bandung mendapat respons positif dari pengamat transportasi.

Program yang dicanangkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, pada 2023 mendatang itu dinilai efektif, mengingat bus sekolah yang tidak terpakai bisa berdayaguna.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Djoko Setijowarno menyebut, hal tersebut jauh lebih baik ketimbang harus menggunakan kendaraan pribadi.

“Saya kira ini, pemerintah daerah (pemda) yang cukup responsif, bagus itu,” ungkap Djoko saat dihubungi Jabar Ekspres, pada Senin, 19 September 2022.

Terlebih, lanjutnya, dengan para ASN menggunakan transportasi umum untuk beraktivitas, diharapkan menjadi percontohan yang baik bagi masyarakat.

“ASN termasuk Walikota-nya (lebih dulu, red) yang harus memberikan contoh penggunaan angkutan umum,” lanjut Djoko.

“Berikutnya, mengajak pelajar dan mahasiswa di Bandung menggunakan angkutan umum,” sambung Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata tersebut.

Dia menambahkan, sebetulnya, para ASN juga dapat mulai mempergunakan transportasi umum tanpa harus menunggu tahun depan. Terlebih, Kota Bandung memiliki Trans Metro Pasundan (TMP).

Lantaran mengingat saat ini, jumlah TMP yang sudah beroperasi ada sebanyak lima koridor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.