Sampah di Cicadas Market Sering Membludak, Begini Kata DLHK

JabarEkspres.com, BANDUNG – Limbah di tempat pembuangan sampah kawasan Pasar PKL Cicadas Market, Jalan Ahmad Yani, tidak jarang membeludak. Overload sering terjadi, tak ayal limbah buangan berceceran di luar bak sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Dudy Prayudi menilai, tumpukan itu terjadi lantaran masih ada warga yang membuang sampah sembarangan.

Kendati demikian, dia menjelaskan, tumpukan sampah yang seringkali bertahan sampai siang hari, dikarenakan masalah teknis soal rute dari truk pengangkut sampah.

“Kami rutin mengangkut. Jadi mungkin teknis di lapangan saja, karena itu kan di rute (jalan). Tidak hanya mengangkut di Cicadas saja,” ungkap Dudy kepada Jabar Ekspres, belum lama ini.

Melihat penumpukan sampah yang sering terjadi tersebut, bahkan tidak jarang bertahan hingga siang hari, dirinya menegaskan bakal melakukan evaluasi terhadap petugas.

“Insyaallah akan terus kami perbaiki,” tegasnya.

Sementara itu, sejauh ini pihaknya masih terus mengimbau dan mengingatkan masyarakat. Supaya, setidaknya masyarakat mampu membuang sampah pada tempatnya.

“Jangan membuang sampah sembarangan. Kami sudah menyiapkan di situ. Ada beberapa bak sampah. Nah, itu harusnya memasukkan ke situ,” jelas Dudy.

“Dimasukkan saja ke bak sampah itu agar tidak terlalu menggunung. Supaya memudahkan kami untuk mengambilnya,” tambahnya.

Dirinya menambahkan, apabila benar terjadi overkapasitas dan bak sampah tidak mampu lagi menampung limbah, pihaknya bakal menambah jumlah tempat pembuangan.

“Nanti akan ditambah lagi kalau memang kapasitasnya udah over. Hanya, sementara ini kami melihat kadang masyarakat tidak membuang ke situ,” pungkasnya.*** (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan