Dukung G20, Pemkab Bandung Dorong Daya Saing Produk Lokal Naik Kelas

JabarEkspres.com, KAB. BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dukung ekonomi berkelanjutan pada perhelatan forum Group of Twenty 20 (G20).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Bandung, Dicky Anugrah.

“G20 ini pak Presiden berjenjang, kabupaten/kota juga harus melaksanakan. Pertama mencintai produk dalam negeri,” kata Dicky kepada Jabar Ekspres belum lama ini.

Dicky mengaku, untuk produk-produk lokal yang ada di Kabupaten Bandung sangat banyak, bahkan tak sedikit yang sudah ekspor ke luar negeri.

“Tetapi bagaimana kita menjaga produk dalam negeri ini bisa dimanfaatkan untuk seluruh instansi,” ujarnya.

Dicky menerangkan, saat ini Pemkab Bandung tengah berupaya menampung para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk pemasarannya melalui e-katalog.

“Jadi semua instansi harus membeli produk-produk UMKM. Sekarang e-katalog ada di daerah juga, tidak hanya di provinsi atau nasional,” terangnya.

Dijelaskan Dicky, sementara ini jumlah para pelaku UMKM yang terdata oleh Pemkab Bandung, totalnya ada sebanyak 15 ribu dengan berbagai jenis produk.

“Kita juga sedang berupaya membuat data base dengan mengklasifikasi UMKM yang ada di sentra-sentra desa,” jelasnya.

Dicky memaparkan, upaya-upaya tersebut selaras dengan misi Bupati Bandung, Dadang Supriatna untuk meningkatkan daya saing daerah.

“Agar UMKM ini naik kelas, tidak cukup sebagai pedagang tapi jadi pengusaha sampai jadi eksportir,” paparnya.

Dicky menegaskan, Pemkab Bandung akan totalitas memfasilitasi para pelaku UMKM dengan tujuan meningkatkan daya saing dalam ekonomi berkelanjutan.

“Kita akan fasilitasi sisi aspek kualitas kemasannya, standarisasi kualitas produksinya, labeling sampai perizinannya akan kita fasilitasi menuju IKM berdaya jual global,” pungkasnya.

Diketahui, G20 merupakan forum yang membahas krisis dan menciptakan pertumbuhan ekonomi global yang kuat dan berkesinambungan.

Negara yang tergabung dalam forum G20 yakni Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Pada 2022, Indonesia berkesempatan menjalankan peran menjadi tuan rumah dari perhelatan forum G20.*** (Bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan