Nama-nama Surga dan Ciri-ciri  Penghuninya, Simak Agar Termotivsi untuk Meraihnya 

JABAREKSPRES.COM – Surga merupakan tujuan akhir dari hidup manusia. Dalam setiap doa kita selalu meminta Allah menjadikan kita sebagai ahli surga. Padahal surga sendiri memiliki banyak tingkatan, berikut nama-nama surga dan golongan penghuninya.

Surga selalu dipamerkan Allah dalam Alquran, sebagai tempat yang indah, yang merupakan balasan atas ibadah dan amal sholeh yang dilakukan manusia.

Keberadaan pintu surga itu termaktub dalam surat Az Zumar ayat 73,M

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

Artinya: “Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya.”

Dilansir dari buku Surga yang Allah Janjikan karya Ibnul Qayyim al-Jauziyyah, diketahui, surga memiliki banyak lapisan dan bertingkat. Tiap tingkatannya tersebut memiliki pintu dan namanya masing-masing. Nama-nama surga diambil dari sifat yang di miliki masing-masing pintu surga.

“Nama-nama itu berbeda dilihat dari sifat-sifat surga yang berbeda antara yang satu dengan yang lain,” tulis Ibnul Qayyim al-Jauziyyah.

Informasi mengenai tingkatan surga tersebut dapat dinukil dari keterangan firmanNya dan hadits Rasulullah SAW. Salah satunya yang menyebut jarak antar tingkatan satu dan lainnya sejauh bumi dan langit,

“Surga itu terdiri dari seratus tingkat. Jarak antara yang satu dan yang lainnya seperti antara bumi dan langit. Dan tingkatan tertinggi adalah Surga Firdaus,” (HR Abu Sa’id Al Khudri).

Berikut daftar nama-nama surga dan penghuninya sesuai dengan ayat-ayat Al Quran dan hadits,yang dilansir dari detik.com.

8 nama-nama surga dan penghuninya sesuai Al Quran dan hadits

1. Surga Firdaus

Mengutip Amalan-Amalan Ringan Yang Dirindukan Surga oleh Oleh Ahmad Zacky El-Syafa, S.Ag., M.Ag, surga Firdaus merupakan surga yang diciptakan Allah SWT dari emas. Surga ini juga disebut sebagai surga dengan tingkatan tertinggi. Keberadaannya telah dijelaskan dalam berbagai dalil Al Quran.

Salah satunya surat Al Kahfi ayat 107 yang berbunyi,

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

Artinya: “Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal,”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan