Nama-nama Surga dan Ciri-ciri  Penghuninya, Simak Agar Termotivsi untuk Meraihnya 

4. Surga Ma’wa

Kata Ma’wa biasa digunakan untuk menunjukkan tempat tinggal. Akar katanya adalah awa-ya wi yang artinya menyatu dengan suatu tempat dan menetap di sana. Ahli tafsir Atha mengatakan, surga Ma’wa disebut sebagai tempat tinggal Jibril dan para malaikat lainnya.

Keberadaan surga Ma’wa disebut dalam surat An Najm ayat 15,

عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَىٰ

Artinya: “Di dekatnya ada surga tempat tinggal.”

Jannatul ma’wa menjadi tempat para hambaNya yang bertakwa, beramal sholeh, menahan hawa nafsu, dan meyakini kebesaran Allah SWT.

5. Surga Darussalam

Surga Darussalam adalah surga yang diciptakan oleh Allah dari yaqut merah. Adapun penghuninya adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah, merenungkan tanda-tanda kebesaranNya, dan orang yang selalu mengakui kebesaran Allah.

Allah berfirman dalam surat Al An’am ayat 127,

۞ لَهُمْ دَارُ السَّلَامِ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: “Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan.”

6. Darul Muqamah

Nama surga selanjutnya adalah Darul Muqamah yang diciptakan dari permata putih. Ciri penghuninya adalah orang yang senantiasa berpegang tebuh kepada iman dan Islam dan memperbanyak amal sholeh.

Bukti keberadaan surga ini dijelaskan dalam surat Fathir ayat 35,

ٱلَّذِىٓ أَحَلَّنَا دَارَ ٱلْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِۦ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

Artinya: “Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.”

Nama-nama surga darul muqamah menjadi tempat yang ditentukan Allah SWT untuk para ahli syukur.

7. Maqamul Amin

Salah satu nama-nama surga Maqamul Amin diperuntukkan Allah SWT untuk hambaNya yang benar-benar bertakwa. Allah berfirman dalam surat Adh-Dhukhan ayat 51,

إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى مَقَامٍ أَمِينٍ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.”

8. Surga Khuldi

Surga Khuldi merupakan surga yang diciptakanNya dari marjan merah dan kuning. Ciri penghuninya adalah orang yang taat menjalankan perintah Allah sebagaimana yang termaktub dalam surat Al Furqan ayat 15,

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءً وَمَصِيرًا

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), “Apakah (azab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?”

Demikian 8 nama-nama surga lengkap dengan ciri-ciri penghuninya, semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita untuk lebih meningkatkan ibadah dan amal sholeh. Semoga kelak kita semua bisa bertemu di surga. aamiin.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *