Diduga Terdapat Pelanggaran Administrasi, KPU Kota Bandung Dilaporkan ke Bawaslu Provinsi

Editor: Reporter: Erwin Mintara D. Yasa

JabarEkspres.com, BANDUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung temukan dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, dalam proses verifikasi administrasi kegandaan anggota partai politik.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Bawaslu Kota Bandung Mahali, mengatakan dugaan pelanggaran tersebut telah dilaporkan ke Bawaslu Jawa Barat untuk ditindak lebih lanjut.

“Kami sudah melaporkan ke Bawaslu Jawa Barat atas adanya dugaan pelanggaran yang kami temukan dalam proses Verifikasi Administrasi Kegandaan Partai Politik yang dilakukan KPU Kota Bandung,” kata Mahali, Kamis, 15 September 2022.

Mahali menjelaskan, dugaan pelanggaran itu bermula dari ditemukannya proses verifikasi yang dilakukan KPU tidak sesuai dengan PKPU Nomor 4 tahun 2022 pasal 40 ayat 4

Menurutnya, dalam PKPU itu menyebutkan proses verifikasi administrasi Kegandaan partai politik harus menghadirkan secara langsung di kantor KPU Kota Bandung jika tidak bisa menghadirkannya, maka akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Kami berharap temuan dugaan pelanggaran ini bisa menjadi pelajaran bagi kita agar ke depan dalam pemilihan umum di Kota Bandung bisa berjalan lebih baik lagi,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.