Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat Mengenai Adab Sholat Jumat

Jabarekspres.com- Bagi Anda yang sedang mencari contoh teks khutbah singkat di bawah ini terdapat contoh teks khutbah Jumat singkat.

Hari Jumat merupakan salah satu hari yang istimewa dalam agama Islam. Di hari ini, umat muslim akan melaksanakan sholat Jumat.

Ternyata, ada beberapa adab yang harus diperhartikan saat pelaksanaan sholat Jumat. Adab tersebut dirangkum dalam khutbah Jumat singkat yang Jabarekspres.com kutip dari laman Rumaysho.com.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari teks khutbah jumat singkat berikut adalah contoh khutbah Jumat mengenai adab-adab sholat Jumat.

 

Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat

Khutbah Pertama

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ لَقَدْ جَاءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّ وَنُودُوا أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ

وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنَ

قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ الكَرِيْمِ:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

فَإِنَّ أَصْدَقَ الحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ وَأَفْضَلُ الهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرَّ الأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ َوكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ

 

Jama’ah shalat dan khutbahJumat yang semoga selalu diberkahi oleh Allah …

Di hari Jum’at yang berbahagia ini, marilah kita bersyukur pada Allah atas berbagai macam nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita sekalian. Allah masih memberikan kita nikmat sehat, umur panjang, lebih dari itu Allah masih memberikan kita nikmat iman dan Islam. Mudah-mudahan kita bisa terus bersyukur, bentuk syukur tersebut adalah dengan meningkatkan ketakwaan kita pada Allah Ta’ala.

 

Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada junjungan dan suri tauladan kita, Nabi besar kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, juga kepada para sahabat dan istri-istri beliau yang tercinta serta pada setiap pengikut beliau yang mengikuti beliau dengan baik hingga akhir zaman.

Kita ketahui bahwa shalat Jum’at dan shalat yang wajib bagi setiap muslim. Siapa saja yang beriman diseru untuk menghadiri shalat Jum’at dan meninggalkan segala aktivitas duniawi seperti jual beli.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.” (QS. Al-Jumu’ah: 9)

Namun dalam menghadiri shalat Jum’at tersebut mesti diperhatikan adab-adab penting berikut ini sehingga ibadah Jum’at yang dilakukan tidak sia-sia dan berpahala besar.

Jama’ah shalat dan khutbah Jumat yang semoga selalu dirahmati oleh Allah …

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan