Lestarikan Budaya Lokal Dan Pariwisata Pemkab Bogor Gandeng Fisib Unpak

JabarEkpres.com BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan untuk melakukan pelestarian budaya tradisional di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Bogor, Selasa, 13 September 2022.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk menjadikan Kabupaten Bogor sebagai pusat unggulan budaya dan pariwisata.

Salah satunya dengan Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan melalui pembinaan desa, rekayasa sosial, kearifan lokal dan pelestarian kearifan-kearifan lokal.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya  Universitas Pakuan Henny Suharyati menjelaskan, kolaborasi ini sebagai bentuk realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi FISIB Unpak dalam mendukung pelestarian budaya dengan beberapa skema penelitian yang didukung oleh pemerintah seperti, rekayasa sosial, kearifan lokal, pelestarian kearifan-kearifan lokal, dan yang akan dikembangkan selanjutnya.

“Dosen dan mahasiswa itu harus melaksanakan riset dan juga pengabdian kepada masyarakat. Artinya ilmunya tidak hanya disimpan di perpustakaan saja, didokumentasikan saja, tetapi itu diamalkan, bagaimana nanti ke depannya,” kata Henny Suharyati kepada media.

Dalam kolaborasi tersebut nantinya, desa wisata yang dibangun dan diunggulkan nantinya akan menyerap tenaga-tenaga mahasiswa untuk berkiprah serta dosen turut serta untuk meneliti.

Selain itu, mahasiswa Fisib Universitas Pakuan Bogor sudah mendapatkan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) selama dua tahun berturut-turut.

“Perkembangan itu berdasarkan sinergi dengan apa yang ada di fakultas dan juga di desa unggulan ini,” ucapnya.

Lebih lanjut Henny Suharyati menyatakan bahwa banyak hal yang ingin diraih oleh FISIB Unpak Bogor salah satunya menjadi pusat budaya dan pariwisata dengan memiliki desa–desa binaan, terutama desa wisata.

“Artinya semua ilmu yang digali saling bersinergi, dapat dikembangkan kemudian juga diberikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat desa wisata itu juga akan maju, FISIB juga akan berkembang dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ciasmara Junaedi mengungkapkan rasa terimakasih kepada Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya (FISIB) Universitas Pakuan atas sinergitas yang dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Untuk membangun suatu desa itu tidak bisa sendiri, butuh dukungan dari berbagai elemen. Saya sangat berterima kasih kepada Universitas Pakuan dan adik-adik mahasiswa yang telah bekerja sama dengan Desa Ciasmara untuk melaksanakan KKN dan pengabdian masyarakat di desa,” pungkasnya*** (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan