Contoh Khutbah Jumat Mengenai Kenaikan BBM 2022 Singkat

Jabarekspres.com- Bagi Anda yang sedang mencari referensi dan contoh khutbah Jumat, di bawah ini merupakan contoh khutbah Jumat mengenai kenaikan BBM.

Saat ini masyarakat Indonesia sedang menghadapi kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) yang mana kenaikan ini tentu memberatkan masyarakat.

Antrian untuk pengisian BBM ada dimana-mana, entah itu pagi, siang atau malam.

Maka dari itu Jabarekspres.com akan memberikan contoh teks khutbah Jumat mengenai kenaikan BBM yang sedang dihadapi oleh masyarakat.

Contoh teks khutbah ini dikutip jabarekspres.com dari laman islam.nu.or.id.

Di bawah ini merupakan teks khutbah Jumat mengenai kenaikan BBM.

Khutbah I

الحَمْدُ للهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ    أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، اَلْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: وَٱلَّذِينَ إِذَآ أَنفَقُوا۟ لَمْ يُسْرِفُوا۟ وَلَمْ يَقْتُرُوا۟ وَكَانَ بَيْنَ ذَٰلِكَ قَوَامًا

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah Pada hari yang mulia ini, khatib menyeru kepada jamaah sekalian untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah dengan semaksimal mungkin.

Takwa dalam artian menjauhi segala larangan yang ditetapkan Allah subhanahu wa ta’ala dan menjalankan perintah-Nya.

Karena dengan ketakwaan, setiap persoalan hidup yang kita alami akan ada jalan keluarnya dan akan ada pula rezeki yang datang kepada kita tanpa disangka-sangka.

Jamaah salat dan khutbah Jumat yang dirahmati Allah subhanahu wa ta’ala

Manusia merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah dengan banyak keistimewaan dan kemampuan, supaya dapat mengemban tugasnya sebagai khalifah di muka bumi ini.

Salah satu keistimewaan manusia adalah mampu mengolah alam menjadi apa yang mereka inginkan. Mampu mengelola berbagai sumber yang ada di muka bumi untuk mencukupi kebutuhan mereka. Mampu untuk berinovasi untuk menciptakan peradaban yang lebih baik dari masa ke masa.

Hal ini selaras dengan firman Allah dalam Al-Quran surah al-Jasiyah Ayat 12 hingga 13:

اللَّهُ الَّذِي سَخَّرَ لَكُمُ الْبَحْرَ لِتَجْرِيَ الْفُلْكُ فِيهِ بِأَمْرِهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

وَسَخَّرَ لَكُمْ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا مِنْهُ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “(12) Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur.

(13) Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya.

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan