Unjani Berikan Jaminan Mahasiswa untuk Siap Kerja

CIMAHI – Dekan Fakultas Sains dan Informatika Universitas Jendral Ahmad Yani (Unjani) Kota Cimahi, Dr. Anceu Murniati, S.Si., M.Si mengatakan, peluang untuk mendapatkan pekerjaan adalah harapan besar bagi seluruh mahasiswa ketika lulus kuliah.

Namum, harus diperhatikan peluang dan potesi lapangan kerja yang tersedia. Sebab, tidak semua perguruan tinggi memperhatikan lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan.

’’Jadi dalam hal itu tidak semua perguruan tinggi bisa menjembatani dan memfasilitasi harapan tersebut,’’kata Anceu dala keterangannya kepada Jabareskpres Senin, (5/9).

Akan tetapi untuk Fakultas Sains dan Informatika tidak demikian. pihak akademik akan membantu untuk mendapatkan peluang pekerjaan bagi lulusannya. Asalkan mahasiswanya aktif dan mau belajar.

Jaminan tersebut didapatkan dari berbagai kerjasama Unjani dengan perusahaan-perusahaan. Termasuk mitra Industri dan penyerapan tenaga ahli untuk intitusi TNI.

Fakultas Sains dan Informatika Unjani membuka kesempatan bagi para pelajar untuk bergabung  melalui program penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unjani.

Fakultas Sains dan Informatika Unjani sendiri ada 4 program studi (prodi) yang ditawarkan, antara lain Prodi Kimia (S1), Prodi Kimia (S2), Prodi Informatika dan Prodi Sistem Informasi.

“Bahkan saat ini kita sedang merintis prodi magister informatika kekhususan cyber security dan medicinal,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, lanjutnya, Prodi sistem Informasi (S1) Unjani pun menyiapkan kelas kerjasama perusahaan menggunakan kombinasi pola merdeka belajar kampus merdeka (MBKM)  dengan pola RPL atau rekognisi pembelajaran lampau.

Sistem ini sangat cocok untuk mahasiswa untuk kelas karyawan, dimana pekerjaan yang telah dilakukan oleh para mahasiswa bisa dikonversi menjadi pembelajaran mata kuliah.

‘’Jadi hanya cukup menunjukan bukti-bukti pekerjaan proyek yang sudah dilakukan sebelumnya,’’ ujarnya.

Ance mengaku, sudah banyak perusahaan yang berminat pada kelas kerjasama ini, bahkan ada perusahaan IT yang mendaftarkan 40 pekerja nya untuk di upgrade skill nya disini.

Minat pelajar terhadap Fakultas Sains dan Informatika Unjani sangat tinggi. Terlebih Unjani pun menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap di setiap prodinya.

‘’Termasuk berbagai kemudahan dalam proses perkuliahan seperti halnya beasiswa, riset dan lainnya,’’ cetusnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan