Hindari Tiga Hal Ini untuk Mencegah Kadar Kolesterol Tinggi

JabarEkspres.com – Menjaga keseimbangan tubuh lewat asupan makanan sangatlah penting. Kolesterol, misalnya, sebenarnya diperlukan oleh tubuh. Namun, kolesterol tinggi yang tidak terkontrol juga merupakan hal yang tidak baik bagi kesehatan.

Adapun penyebab dari kolesterol adalah meroketnya kadar cholesterol dalam peredaran darah.

Tanpa kita sadari, banyak kegiatan atau aktivitas yang kita lakukan sehari-sehari itu ternyata menjadi salah satu penyebab cholesterol .

Berikut ini merupakan penjelasan atas penyebab cholesterol .

  1. Pola Makan yang Buruk

Mengadopsi kebiasaan makan yang sehat benar-benar dasar untuk menurunkan kadar kolesterol dan bahkan bisa membantu Anda menghindari mengonsumsi obat untuk menurunkan cholesterol .

Secara umum, Anda harus membatasi makanan yang kaya lemak jenuh seperti daging merah, mentega, gorengan, dan keju penuh lemak.

Banyak orang mendapat kesan makan lemak jenuh itu baik-baik saja, karena popularitas diet seperti paleo dan keto.

Apa yang tidak mereka sadari adalah penurunan awal cholesterol yang Anda lihat dengan diet tersebut adalah karena orang menurunkan berat badan.

Kemudian, seiring waktu, karena jumlah lemak jenuh yang tinggi, kadar kolesterol bisa naik kembali.

AHA merekomendasikan hanya mendapatkan sekitar lima sampai enam persen kalori Anda dari lemak jenuh setiap hari. Jadi jika Anda makan 2.000 kalori sehari, hanya sekitar 120 kalori (atau sekitar 13 gram) yang berasal dari lemak jenuh.

  1. Kegemukan atau Obesitas

Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas bisa meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dan menurunkan kolesterol baik (HDL). Namun Anda tidak harus kehilangan terlalu banyak berat badan untuk melihat efek positif.

Menurunkan hanya lima hingga sepuluh persen dari berat badan menyebabkan penurunan yang signifikan pada kadar LDL dan trigliserida.

Namun, perlu dicatat penurunan berat badan yang lebih besar dikaitkan dengan peningkatan kolesterol yang lebih besar.

  1. Menetap

Meskipun duduk terlalu lama memengaruhi kadar kolesterol dan trigliserida Anda, kebiasaan menetap memainkan peran yang sangat kuat dengan HDL Anda. Ingat, HDL adalah kolesterol baik yang bisa membantu menurunkan LDL, si jahat.

Tidak ada makanan atau obat ajaib yang bisa meningkatkan kadar HDL Anda. Namun satu hal yang terbukti meningkatkannya adalah olahraga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan