Setelah Viral, Gus Samsudin Akhirnya Mengaku Tak Punya Ijin Praktek Pengobatan dan Bukan Orang Sakti

JABAREKSPRES.COM –  Setelah viral berseteru dengan pesulap merah, dan banyak trik sihirnya dibongkar hingga  padepokannya ditutup. Kini Gus Samsudin akhirnya mengakui bahwa selama ini dia tidak memiliki ijin praktek pengobatan.

Gus Samsudin mengaku, praktek pengobatan dan penyembuhan di padepokannya ilegal,  karena tidak mengantongi ijin resmi. Namun dia mengatakan telah memiliki ijin untuk buka praktek pijat.

Dengan pengakuannya tersebut, membuktikan bahwa selama ini yang dilakukannya tanpa seijin aparat yang berwenang. Gus Samsudin juga mengakui bahwa dirinya bukanlah orang sakti seperti yang selama ini digambarkan.

Dilansir dari kanal Youtube CumiCumi, setelah dilakukan penyelidikan ternyata padepokan Gus Samsudin hanya memiliki izin pijat saja.

Padahal selama ini, padepokannya tersebut juga dijadikan sebagai tempat untuk  menuntut ilmu para santri dan juga  untuk memberikan pengobatan dan praktek penyembuhan semacam perdukunan.

Gus Samsudin mengakui telah melakukan praktik paranormal dan berbagai layanan kesehatan.

Ki Rawa Panggia seorang pimpinan asosiasi paranormal sempat mendatangi langsung padepokan milik Gus Samsudin. Ia mengungkap sebenarnya izin yang dimiliki Gus Samsudin hanya izin pijat saja.

Namun dalam praktiknya lebih mengarah ke kegiatan paranormal dan membuka layanan kesehatan alternatif.

Ki Rawa Panggia juga menjelaskan, jika praktik pengobatan yang dilakukan oleh Gus samsudin berizin sebenarnya tidak masalah. dikutip dari bondowosonetwork.

Yang menjadi masalah adalah ijinnya cuma satu yakni pijat, tapi nyatanya banyak layanan yang ada di sana.

Kalau ingin mengurus perizinan untuk layanan kesehatan alternatif, seperti ruqyah, bekam, atau hypnotherapy sebenarnya sangat mudah.

Gus Samsudin juga mengakui kesalahan tersebut dan mengakui bahwa ia tidak terlalu paham dengan masalah perizinan.

Ia juga berharap kedepan dapat mengurus padepokanya dengan baik sesuai dengan peruntukannya.

Gus Samsudin juga mengakui selama ini ia hanya mempunyai izin pijat saja, dan tidak punya izin pengobatan alternatif maupun paranormal.

Ia juga menjelaskan bahwa pijat sendiri sebenarnya ada di pelajaran ruqyah yakni memijit titik atau bagian tubuh tertentu.

Pada praktiknya, izinya tidak sama antara pijat dan ruqyah. Jadi bukan kesalahan tempat melainkan ijinnya yang belum pas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan