Pasar Ikan Hias Tegalega Mengalami Kenaikan Omzet sampai 80 Persen Hari Ini

Pada akhirnya, pedagang di Pasar Ikan Hias Tegalega merasa lega. Lantaran banyak calon pembeli mulai kembali menjajaki dagangan mereka.

Muhamad Nizar, Jabar Ekspres.

 

Pasca situasi pandemi yang makin membaik, aktivitas masyarakat mulai berangsur normal. Lantas laju roda ekonomi pun berjalan perlahan-lahan nyaris seperti biasanya.

Sektor ekonomi yang menjadi salah satu bidang paling terdampak pandemi Covid-19, pada saat ini kembali bergeliat. Di antaranya seperti kegiatan jual beli yang terjadi di Pasar Ikan Hias Tegalega, Jalan Peta Lingkar Selatan, Astanaanyar, Kota Bandung.

Tampak sedari Sabtu, 20 Agustus 2022, pagi sampai sore, aktivitas jual beli ikan hias di tempat tersebut cenderung ramai. Bahkan, sejumlah pedagang memberi bocoran. Pengunjung bakal terlihat lebih ramai lagi pada akhir pekan, Minggu dan hari-hari besar lainnya.

Melihat fenomena demikian, sontak para pedagang di Pasar Ikan Hias Tegalega pun boleh sedikit bernafas lega. Tak sedikit dari mereka yang meraup keuntungan melebihi lima puluh persen.

Misalnya, pedagang ikan hias laut dan keperluan akuarium kecil, Egi Prayogi. Dirinya menuturkan, penjualan seusai pandemi mereda membuat keuntungan dari berdagang, kian mantap.

“Sekarang mengalami peningkatan, kisaran keuntungan naik sampai delapan puluh persen,” tutur pemuda berusia 22 tahun di depan kios dagangannya, Sabtu, 21 Agustus 2022, sore.

Tentu hal itu patut disyukuri, Egi menambahkan, terlebih pada saat pandemi yang berjalan sampai 2 tahun tersebut sangat mengancam dagangannya.

Mulai dari ikan-ikan yang mati lantaran tak ada yang membeli, sampai Egi yang mencoba pasrah dengan keadaan. “Mau bagaimana lagi?”

“Namanya juga jualan. Tapi kemarin pandemi, benar-benar (sedih). Omzet sampai minus. Namun tetap jualan, enggak ada vakum,” tandasnya.

Lebih baik dari Egi, Aam, (63), tidak terlalu kesusahan saat pandemi. Mengingat dirinya memiliki seorang anak yang bekerja sebagai pemasok ikan. Dirinya bersyukur, kondisinya baik-baik saja.

Kendati begitu, pada saat ini, kondisi serupa Egi sedikit banyak dialami Aam. Pria yang sudah puluhan tahun berdagang ikan hias ini menyebut, kondisi pandemi yang membaik berdampak pada jumlah pembeli.

“Omzet naik, alhamdulillah. Sejuta per hari, ada saja pernah. Apalagi setelah anak-anak masuk sekolah. Lumayan naik, dua puluh persen,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan