Airlangga Hartarto: Momentum HUT ke-77 RI Optimis Perekonomian Cepat Pulih

JAKARTA – Sejumlah tokoh nasional ikut ambil bagian dalam perayaan HUT RI yang digelar dalam bentuk jalan santai bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  dan Menteri kuangan Sri Mulyani.

Pada kesempatan tersebut Menko Airlangga Hartarto mengatakan, HUT RI ke-77 harus dijadikan momentum bagi bangsa Indonesia.

Dalam perekembangannya, setiap tantangan dapat dialalui dengan baik. Untuk saat ini, bangsa Indonesa dihadapkan oleh situasi global yang masih tidak menentu.

‘’Tantangan global seperti pandemi Covid-19, disrupsi rantai pasok, krisis pangan dan energi, serta perubahan iklim, bangsa Indonesia tetap mampu bangkit dengan kuat,’’ kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Sabtu, (20/8).

Ketua Partai Golkar ini mengatakan, semenjak ada Pandemi Covid-19, pemerintah belum pernah menerapkan lockdown, hal ini dilakukan agar perekonomian bangs aini tetap terjaga dan terus tumbuh.

Dalam semester pertama tahun ini, ekonomi Indonesia tetap tumbuh di atas 5% dan disertai stabilitas yang relatif baik.

Neraca dagang mencatatkan surplus 27 bulan berturut-turut, capaian vaksinasi termasuk dalam lima besar dunia, hilirisasi nikel yang berhasil meningkatkan ekspor besi baja, swasembada beras sejak 2019, dan inflasi yang berhasil dikendalikan di kisaran 4,9%.

“Indonesia juga dipercaya di tingkat internasional dimana kita menjadi pemimpin G20, Champions Group GCRG, dan tahun depan akan menjadi ketua dari ASEAN,” tutur Menko Airlangga.

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga memberikan cinderamata sebagai bentuk penghargaan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani, Aburizal Bakrie, dan Burhanuddin Abdullah Harahap selaku pendahulu Menko Perekonomian.

Menurut Airlangga Hartarto, mereka adalah tokoh bangsa yang telah meletakkan pondasi kuat dalam membangun kantor Kemenko Perekonomian sehingga dapat berhasil melewati tantangan-tantangan di setiap masa.

“Saya harap di Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia, kita bisa semakin semangat dan dengan Ulang Tahun Ke-56 Kemenko Perekonomian,’’ ujarnya.

Airlangga Hartarto mengajak kepada segenap jajaran di Kementerian Perekonomian agar selalu siap untuk bekerja keras untuk Indonesia lebih baik.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Perindustrian, Wakil Ketua DPR RI, Anggota DPR RI serta seluruh jajaran Pejabat berikut pegawai Kemenko Perekonomian. (dlt/fsr).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan