Kejuaraan Nasional Wushu Segera Digelar Tahun Ini

JABAR EKSPRES – Kejuaraan Nasional Wushu memperebutkan Piala Presiden rencanannya akan digelar di Graha Unesa, Jawa Timur (Jatim) pada 16-22 September 2022 di Graha Unesa.

Untuk mematangkan even akbar tersebut, Ketua Pengprov Wushu Jatim Soedomo Mergonoto bersama Founder Harian Disway Dahlan Iskan menemui Ketua PB Wushu Indonesia Airlangga Hartarto di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekomian itu.

Untuk diketahui, sebelumnnya Pengprov Wushu Jatim dan Harian Disway (Group Jabarekspres) telah menjalin kerjasama dengan menggelar Disway Open Wushu Championship pada 25-27 Maret 2022 lalu.

‘’Kejuaraan terbuka itu, diikuti 347 atlet dari 13 kontingen yang berasal dari 11 kota pada 3 provinsi. Pesertanya buanyak. Mereka antusias semua,’’ kata Dahlan Ketika memberikan penjelasan kepada Airlangga Hartarto.

Dengan pengalaman tersebut, Harian Disway kembali diajak berkerjasama dengan Pengprov Jati untuk menggelar kejuaraan Wushu dengan tingkat nasional.

Dahlan mengatakan, berdasar kalkulasi panitia Kejuaraan Nasional Wushu diperkirakan akan diikuti  sekitar 700 atlet.

Selain memperebutkan Piala Presiden, rencananya akan ada kelas terbuka yang memperebutkan piala Airlangga Hartarto untuk kategori tradisional (Kungfu) dan Piala Menpora untuk kategori Taolu.

Ditengah perbincangan hangat itu, Airlangga Hartarto sempat bertanya kepada Dahlah Iskan mengenai ketertarikannya pada Wushu.

’’Saya penasaran, bagaimana awalnya Pak Dahlan tertarik sama wushu?’’ kata Airlangga Hartarto.

Diskusi yang  diselingi dengan candaan itu dijawab Dahlan Iskan dengan singkat. ’’Ini gara-gara Pak Domo,’’ jawab Dahlan. Mereka pun tertawa. Gayeng.

Maksud dari jawaban Dahlan adalah Soedomo Mergonoto. Ketua Pengurus Provinsi Wushu Jatim. Soedomo yang duduk di sebelah kanan Airlangga juga tertawa.

Pada pertemuan tersebut ketiganya mengenakan pakaian khas wushu. Baju Wushu Dahlan dominan putih bermotif biru. Sedangkan Soedomo berwarna merah seperti pakaian master kungfu.

Airlangga Juga mengenakan baju koko biru berkerah Shanghai dengan tujuh kancing simpul yang merupakan baju khas masyarakat Tiongkok.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga Hartarto memberikan dukungannya terkait rencana kejuaraan nasional Wushu yang akan di selenggarakan di Jatim itu. Airlangga juga memasrahkan Piala Presiden secara simbolik kepada Soedomo.

’’Kami percayakan penyelenggaraan kejuaraan ini kepada Jawa Timur. Dan kalau sekali lagi Jatim meraih Piala Presiden, maka ini menjadi piala tetap yang dimiliki Jatim,’’ kata Airlangga Hartarto.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan