Geger! Kasus Suspek Cacar Monyet di Jawa Tengah, Ini Dia Gejalanya

Editor:

Jabarekspres.com – Baru-baru ini kementrian kesehatan menyatkan ada pasien berstatus suspek cacar monyet di Jawa Tengah.

Juru bicara Kementrian kesehatan Mohammad Syahril mengungkapkan bahwa laporan terbaru saat ini terdapat 1 warga Jawa Tengah yang memiliki gejala cacar monyet.

“Untuk pemeriksaan lebih lanjut dan memastikan cacar monyet atau bukan, akan dilakukan pemeriksaan laboratorium PCR untuk memastikannya,” kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril saat dikonfirmasi di Jakarta, pada Rabu (3/8).

Mengutip dari berbagai sumber, Syahril yang juga menjabat sebagai Dirut RSPI Sulianti Saroso Jakarta mengatakan pasien tersebut adalah seorang laki-laki berusia 55 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Saat ini pasien yang berstatus suspek tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi salah satu rumah sakit swasta di Jawa Tengah untukn proses penyembuhan. Menurutnya, penyakit tersebut bisa jadi cacar biasa atau penyakit lain.

Ia juga mengatakan hingga kini kemenkes masih melakukan investigasi lebih lanjut supaya memastikan jenis penyakit yang dialami pasien tersebut.

Melansir dari berbagai sumber, gejala cacar monyet mirip seperti cacar air, hanya saja lebih ringan, perbedaan yang paling utama gejala cacar dan cacar monyet adalah bahwa cacar monyet menyebabkan kelenjar getah bening membengkak sedangkan cacar tidak.

“Ciri yang membedakan infeksi cacar monyet dari cacar adalah perkembangan pembengkakan kelenjar getah bening,” kata CDC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.