Cina dan Amerika Memanas setelah Ketua DPR Amerika Serikat Mengunjungi Taiwan

Editor: Reporter: Arip Apandi

Seorang pejabat Cina, Hua Chunying, mengatakan bahwa kunjungan Nancy Pelosi itu adalah bentuk dari “provakasi politik besar”.

“Karena Ketua Pelosi adalah pemimpin petahana Kongres AS, kunjungannya ke dan kegiatannya di Taiwan, dalam bentuk apa pun dan untuk alasan apa pun, merupakan provokasi politik besar untuk meningkatkan pertukaran resmi AS dengan Taiwan,” kata juru bicara Kementrian Luar Negeri Cina itu lewat akun Twitter pribadinya, Selasa (2/8/2022).

Sementara itu, Nancy Pelosi sendiri sudah mengatakan bahwa kunjungannya ke Taiwan merupakan bentuk dukungan Amerika atas semangat demokrasi Taiwan. Kunjungannya ke Taiwan adalah bagian dari ”perjalanan kami yang lebih luas ke Indo-Pasifik — termasuk Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang — yang berfokus pada keamanan bersama, kemitraan ekonomi, dan pemerintahan yang demokratis,” ungkap Nancy Pelosi, dikutip oleh Jabar Ekspres dari laman resmi DPR Amerika.

Khusus dalam kunjungan ke Taiwan, delegasi akan membicarakan hubungan diplomatik dari kedua negara.

“Diskusi kami dengan kepemimpinan Taiwan akan fokus pada penegasan kembali dukungan kami untuk mitra kami dan untuk mempromosikan kepentingan bersama kami, termasuk memajukan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,”

Kendati demikian, Cina menganggap kunjungan Nancy Pelosi itu merupakan “pelanggaran serius” yang dilakukan Amerika Serikat sehingga akan memberikan “dampak yang parah” pada hubungan diplomatik AS-Cina, dilansir dari Xinhua, Selasa (2/8/2022).*** (bbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.