Belum Banyak yang Tahu, Makanan Ini Bisa Meningkatkan Trombosit Dengan Cepat, Penting untuk Penderita DBD

JABAREKSPRES.COM – Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat beberapa penyakit berkembang dengan pesat. Seperti saat ini, angka kasus demam berdarah dengue (DBD) dilaporkan meningkat di beberapa daerah. Banyak pasien DBD yang mengalami turun kadar trombosit dalam darahnya. karenanya dalam artikel ini akan diulasan beberapa makanan yang bisa meningkatkan kadar trombosit dengan cepat.

Hubungan Trombosit dengan demam berdarah sendiri masih banyak yang belum tahu. Trombosit adalah salah satu komponen darah yang berperan dalam pembekuan darah. Seseorang yang kadar trombositnya rendah, maka akan berpotensi menyebabkan pendarahan, seperti yang banyak terjadi pada pasien DBD.

Karenanya kadar trobosit harus selalu normal agar tidak sampai terjadi pendarahan. Kadar trombosit yang normal berada di kisaran 150.000–450.000 per mikroliter darah. Bila berada di bawah 150.000 per mikroliter maka akan disebut trombosit rendah.

Untuk menaikan kadar trombosit secara alami biasanya disarankan konsumsi jambu biji, sari kurma, cuka apel atau madu. Sesungguhnya ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menjadi penambah trombosit secara alami.

Berikut makanan yang bisa menambah trombosit dengan cepat, cocok untuk pasien DBD, seperti dirangkum dari laman sehatq.com.

1. Hati sapi

Hati sapi diketahui dapat menjadi salah satu makanan penambah trombosit. Pada hati sapi, terkandung sejumlah mineral seperti zinc, zat besi, fosfor, selenium, dan tembaga.

Selain itu, kandungan zat besi, vitamin B12, dan folat pada hati sapi juga baik untuk meningkatkan produksi hemoglobin serta sel darah yang sehat.

2. Telur

Telur adalah makanan yang menjadi salah satu sumber vitamin A, B, E, dan K yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, telur juga menjadi makanan penambah trombosit. Telur mengandung vitamin B12 yang dapat membantu menjaga kesehatan sel darah.

3. Kacang tanah

Tak disangka, ternyata kacang tanah juga menjadi makanan penambah trombosit. Kacang tanah diketahui mengandung folat yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dan trombosit.

4. Daging sapi

Selain menjadi sumber protein yang baik, daging sapi juga mengandung vitamin B12 dan menjadikan daging sapi dapat menaikkan trombosit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan