Ini Pahala khusus untuk Orang yang Melakukan Amalan Sunnah di Hari Jum’at

JABAREKSPRES.COM – Hari jumat merupakan hari yang dimuliakan dalam Islam. Karena adanya keutamaan dihari tersebut. Bahkan ada amalan sunah khusus yang hanya bisa dilakukan pada hari jumat. Karena amalannya khusus, maka Pahala yang akan diterimapun pasti pahala khusus.

Rasulullah SAW menyuruh umatnya memperbanyak ibadah dan melakukan amalan sunnah Jum’at. Karena banyaknya keutamaan tersebut.

Di antara amalan sunnah hari jumat yang bisa dilakukan khusus laki-laki ialah mandi, sikat gigi, memakai wangi-wangian, memakai pakaian yang bagus ketika shalat Jum’at, memperbanyak shalat sunnah, mendengar khutbah sampai selesai.

Rasulullah SAW mengatakan:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَاسْتَاكَ، وَمَسَّ مِنْ طِيبٍ إِنْ كَانَ عِنْدَهُ، وَلَبِسَ مِنْ أَحْسَنِ ثِيَابِهِ، ثُمَّ خَرَجَ حَتَّى يَأْتِيَ الْمَسْجِدَ، فَلَمْ يَتَخَطَّ رِقَابَالنَّاسِ، ثُمَّ رَكَعَ مَا شَاءَ أَنْ يَرْكَعَ، ثُمَّ أَنْصَتَ إِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ، فَلَمْ يَتَكَلَّمْ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ صَلَاتِهِ، كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الَّتِي قَبْلَهَا

“Siapa yang mandi hari Jum’at, sikat gigi, memakai parfum, dan memakai pakaian paling bagus yang dimilikinya, pergi shalat Jum’at dan tidak melangkahi bahu orang, kemudian shalat sunnah dan mendengarkan khutbah sampai selesai, serta tidak berbicara, maka diampuni dosa antara Jum’at itu dan Jum’at sebelumnya” (HR: Ahmad)

Rasulullah SAW menjelaskan, orang yang mengerjakan amalan sunnah, seperti mandi Jum’at, sikat gigi, memakai parfum, dan pakaian bagus untuk shalat Jum’at, Allah akan mengampuni dosanya. Tidak hanya dosa yang dilakukan pada hari itu, tetapi juga dosa-dosa pada jum’at sebelumnya.

Perlu dicacat, dosa yang diampuni adalah dosa-dosa kecil, bukan dosa besar. Sebab dosa besar akan diampuni dengan jalan pertaubatan.

Sementara amalan lain yang bisa dilakukan di hari jumat baik oleh laki-laki maupun perempuan diantaranya:

1. Memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Sholawat adalah amalan yang mulia. Dalam beberapa riwayat dikatakan bahwa sholawat adalah penolong baik di dunia maupun di akhirat. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits:

أكثروا الصلاة علي ليلة الجمعة ويم الجمعة فمن صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا ـ رواه البيهقي بإسناد جيد

Artinya: “Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali,” (HR Baihaqi).

2. Membaca surat Al-Kahfi

Salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca pada hari Jumat adalah surat Al Kahfi. Orang yang membaca surat ini akan terhindar dari fitnah dajjal. Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang berasal dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan