Pemdes Pasirnanjung Sumedang Kembangkan Fasilitas Literasi Warga Berbasis Digital

Editor:

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, pada pukul 12.30 WIB terlihat taman baca Desa Pasirnanjung belum diramaikan anak-anak, sebab masa sekolah sudah kembali dilakukan secara tatap muka.

Nuansa asri perkampungan cukup melekat pada taman baca Desa Pasirnanjung. Sebentuk saung beralas bambu, ratusan buku tersusun rapih dalam rak khusus kemudian udara sejuk daerah pebukitan membuat nyaman untuk jadi tempat membaca.

Meski nuansa asri perkampungan melekat, kemajuan digital tetap difasilitasi Pemdes Pasirnanjung dengan menyediakan akses internet gratis di area taman baca.

“Posisi di sebrang juga itu area wisata rencananya, masih dalam proses. Tapi sementara jadi taman bagi warga,” tutur Dani.

“Supaya jadi pusat aktivitas warga Desa Pasirnanjung. UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) berjalan, taman baca aktif kemudian wisata jadi meriah dan bisa menarik wisatawan luar,” tambahnya.

Dalam pemaparannya, Dani berharap, dengan dibentuknya pusat aktivitas warga di area Kantor Desa Pasirnanjung bisa berdampak positif baik dari segi pemberdayaan, pemanfaatan fasilitas hingga peningkatan ekonomi lokal.

“Karena bentuk pelayanan itu bukan hanya administratif. Perangkat desa itu berupaya berikan pelayanan dari semua sektor,” paparnya.

Menurut Dani, peran perangkat desa dalam kemasyarakatan cukup penting dan tanggung jawabnya sangat besar, sebab perlu memperhatikan ribuan jiwa.

Karenannya, disampaikan Dani, Pemdes Pasirnanjung tetap berupaya maksimal guna memenuhi kebutuhan masyarakat, supaya bisa memberikan pelayanan yang memuaskan.

“Kesehatan warga kita layani, kesejahteraan warga baik ekonominya hingga keilmuannya kita perhatikan,” pungkasnya.

“Makanya saya harap dengan upaya ini bisa memajukan Desa Pasirnanjung, warganya berwawasan luas, sejahtera, ekonominya berputar, kemiskinan dan pengangguran berkurang kemudian stunting menurun,” tutup Dani.*** (Bas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.