Kalimat yang Jangan dan Harus Diucapkan Kepada Orang yang Sedang Berduka

JABAREKSPRES – Berduka bukan hanya tentang kehilangan seseorang, tapi juga bisa kehilangan harta, bahkan peluang atau kesempatan yang sudah dinanti-nantikan. Agar tidak membuat orang yang sedang berduka merasa lebih buruk, simak beberapa saran berikut seperti yang dilansir Psychology Today.

  1. Memberi saran yang tak tepat

Lebih baik hindari kalimat seperti, “Temanku merasa lebih baik setelah melakukan ini,” atau “Kamu lupakan aja semuanya.”

Ganti kalimat tersebut dengan, “Aku turut berduka dengan apa yang kamu hadapi sekarang, pasti rasanya berat.”

  1. Apa yang Harus Dikatakan dan Dihindari saat Berbicara ke Orang yang Berduka

Mungkin kita pernah menghadapi situasi serupa dengan yang mereka hadapi. Namun, tetap aja perasaan setiap orang berbeda.

Mengatakan, “Aku juga pernah mengalami ini kok, ini mudah dilalui,” justru menambah tekanan buat seseorang yang lagi berduka.

Lebih baik ucapkan, “Aku apa yang kamu alami. Semoga kamukuat dan bisa melalui semua ini.”

  1. Tetap menanyakan kabar

Umumnya, banyak orang datang mendukung orang yang berduka hanya di satu hari aja. Namun, sebenarnya orang yang berduka perlu didukung bukan pada saat hari kejadian berduka cita, tetapi juga berkelanjutan.

Kamu bisa coba menanyakan kabar mereka secara rutin. Bisa dengan menunjukkan bahwa kamu peduli kepada mereka dengan mengirimkan makanan atau hal yang mereka perlukan.

  1. Hindari kata-kata basi

Lebih baik hindari kalimat seperti, “Ini sudah jalannya,” atau “Kamu masih punya […] kan? Kamu masih beruntung,” atau “Kamu pasti dapat hikmah penting dari sini.”

Pada intinya, kejadian yang menimbulkan duka tidak diinginkan oleh siapapun. Jadi lebih baik hargai perasaan mereka daripada memaksa mereka untuk mengambil “manfaat” dari kejadian tersebut.

  1. Kontak mata dan gestur

Kalau kamu bingung atau takut yang kamu ucapkan kurang tepat, kontak mata dan gestur tubuh bisa membantu.

Jangan hindari tatapan mata dengan orang yang sedang berduka. Tatap lalu berikan anggukan kepala. Ini cukup sebagai tanda bahwa kamu hadir untuk mereka.

Nah, itu dia beberapa tips cara berkomunikasi dengan orang yang sedang berduka. Semoga bisa membantu (mainid)

Tinggalkan Balasan