Menko Marves Apresiasi  Penanganan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan melalui Digitalisasi

Jabarekspres.com – Di tengah-tengah kesibukan persiapan G20, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan meluangkan waktu untuk sharing session dengan Tim Pemda Kabupaten Sumedang dan United In Diversity (UID) Foundation Bali, Kamis (14/7)
Beliau menyimak serius paparan Tim Pemda Kabupaten Sumedang yang dipimpin Sekda Herman Suryatman terkait strategi dan terobosan digital dalam menjawab berbagai permasalahan krusial SDGs, khususnya dalam penanganan stunting dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sumedang.
“Saya sudah mendengar tadi briefieng dari Pak Sekda mengenai bagaimana melakukan pengentasan kemiskinan dan stunting di Sumedang,” ujar Menko Luhut.
Apa yang dilakukan Pemda Kabupaten Sumedang menurut Menko sudah seperti yang dilakukan pemeritah lokal di Cina, berbasis digital dan menggunakan artificial intelligence.
“Setelah mereka (Tim Pemda Sumedang) mendapat training dari UID hasilnya luar biasa, itu efisiensi (anggaran) kelihatan 50 persen di Kabupaten Sumedang. Kita teruskan itu,” tuturnya.
Menko juga berharap apa yang dilakukan Sumedang didukung oleh masyarakatnya dan program tersebut akan direplikasi secara nasional.
“Saya berharap semua masyarakat membantu program ini dan kita akan kembangin program ini secara nasional, secara bertahap. Semangat bekerja,” katanya.
Sekda bersyukur karena mendapat kesempatan untuk dapat memaparkan capaian dan program Pemda Kabupaten Sumedang di hadapan langsung Menko, bahkan mendapat reaksi yang positif.
“Kami diberi kesempatan oleh Bapak Menko untuk mengeksplor aplikasi SIMPATI (Sistem Informasi Penanganan Stunting Terintegrasi) dan Elektorink SAKIP Desa. Alhamdulillah Pak Menko sangat antusias dan memberikan berbagai arahan dan masukan,” ujar Sekda.
Untuk penanganan kemiskinan misalnya, Menko menekankan pentingnya membangun ketahanan pangan masyarakat, antara lain dengan menanam cabai rawit, sayur-sayuran dan tanaman produktif lainnya di halaman rumah.
“Kami mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada Pak Menko yang telah meluangkan waktu untuk sharing dan memberikan apresiasi kepada Sumedang. Sangat memotivasi dan menginspirasi Kami,” ucap Sekda. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.