Mengenal Resesi Ekonomi, Apakah Mungkin Terjadi di Indonesia?

Jabarekspres.com – Pengaruh resesi ekonomi di sejumlah negara belakangan ini sedang menjadi perbincangan setelah salah satunya terjadi di negara Sri Lanka beberapa waktu yang lalu namun bagaimana dengan Indonesia?

Munculnya resesi ekonomi di negara Sri Lanka tersebut diketahui menyebabkan negara itu menjadi krisis dan kemudian dinyatakan bangkrut setelah diputuskan oleh pemerintah.

Dengan adanya resesi ekonomi yang terjadi di Sri Lanka itu, kemudian muncul berbagai pertanyaan mengenai apa sebenarnya resesi ekonomi dan mungkinkah terjadi di Indonesia.

Terkait dengan penjelasan dari resesi adalah apa diketahui berdasarkan pada laman Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jawa Timur atau DPMPTSP Jatim, menjelaskan bahwa resesi adalah penurunan yang terjadi dalam aktivitas ekonomi.

Setidaknya resesi ekonomi atau penurunan Produk Domestik Bruto atau yang disebut dengan PDB terjadi atau terlihat dalam waktu 2 kali kuartal dan terjadi secara berturut-turut.

Untuk menghindari adanya resesi ekonomi tersebut, terdapat sejumlah cara mencegah yang dapat dilakukan dan sekaligus menjadi solusi dari suatu negara agar tak masuk dalam resesi ekonomi.

Lebih lanjut, untuk cara mengatasi atau solusi dalam resesi ekonomi, seperti yang diketahui berdasarkan pada laman ojk.go.id, dapat ditempuh atau dilakukan dengan sejumlah cara.

Salah satu cara untuk mengatasi atau solusi pada saat resesi ekonomi ialah dengan mengalihkan atau mulai menyiapkan sejumlah dana menjadi dana darurat yang pada waktu-waktu tertentu dapat digunakan.

Selain itu, cara mengatasi pada saat memasuki resesi adalah dengan mengurangi adanya beban pengeluaran yang dapat dikurangi yaitu seperti meminimalisir pengeluaran ataupun hutang.

Sehingga cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pada saat resesi ekonomi ialah dengan memprioritaskan kebutuhan pokok untuk sehari-hari terlebih dahulu untuk dipenuhi.

Terkait dengan apakah Indonesia terancam dengan adanya resesi, seperti yang diketahui berdasarkan pada informasi yang dikutip dari ANTARA, Menkeu Sri Mulyani menyatakan bahwa Indonesia memiliki kemungkinan yang kecil terjadi resesi.

Disebutkan bahwa Indonesia memiliki peluang kecil terjadi resesi karena adanya kondisi laju ekonomi di Indonesia dapat dikatakan relatif stabil hingga sampai saat ini.

Tinggalkan Balasan