Mengenai Bahan Merkuri, Ada Bahaya dan Ada Manfaat Juga Lho

Jabarekspres.com – Heboh soal bahaya bahan merkuri pada manusia. Merkuri merupakan unsur logam yang sering digunakan dalam pertambangan, pertanian, peralatan listrik hingga medis. Tetapi, merkuri juga akan menjadi bumerang jika tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, seperti dalam penggunaan sebagai bahan kosmetik.

Merkuri disebut sebagai bahan untuk pencerahan kulit dan mengawetkan masa usia dari produk kosmetik. Akan tetapi, bahan ini juga memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari who.int, merkuri adalah racun bagi sistem saraf pusat dan perifer. Menghirup uap merkuri dapat menghasilkan efek berbahaya pada sistem saraf, pencernaan, paru-paru, dan ginjal sehingga dapat berakibat fatal.

 

Efek samping atau bahaya

Garam anorganik dalam kandungan merkuri bersifat korosif pada kulit, mata, dan saluran pencernaan. Dalam pengamatan pada pekerja yang terpapar unsur merkuri dengan kadar udara 20 g/m3 atau selama lebih beberapa tahun menyebabkan peningkatan protein dalam urine hingga gagal ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.