Khawatir Kadar Kolesterol Tinggi Seusai Makan Daging?, Perhatikan Tandanya

JABAREKSPRES.COM – Seusai perayaan Idul Adha, banyak yang mengeluhkan timbulnya berbagai penyakit. Salah satu yang paling di khawatirkan adalah tingginya kadar kolestrerol. Untuk mengetahui seberapa tinggi kadar kolesterol jahat dalam darah harus melalui pemeriksaan.  Namun ada beberapa tanda yang bisa dilihat bila  kondisi kolestrol sedang tinggi.

Pasalnya, tubuh akan memberikan sinyal bila ada yang tidak seimbang, termasuk kadar kolesterol. Bila kadar kolesterol berlebihan akan dapat mengganggu kesehatan dan menimbulkan berbagai penyakit.

Berikut beberapa gejala atau tanda yang sering timbul dan menjadi tanda bila kolesterol sedang tinggi tinggi, dilansir dari kanal Youtube Saddam Ismail:

1. Sering kesemutan pada tangan dan kaki

Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan kesemutan karena dapat memepersempit pembuluh darah arteri di area kaki dan tangan.

Akibatnya jaringan tersebut kekurangan nutrisi, suplai darah, dan oksigen. Karena hal itu, area tubuh merasakan nyeri, muncul rasa ngilu, dan rasa tidak nyaman.

2. Gampang lelah

Melakukan aktivitas dan olahraga terkadang merasa kurang optimal. Kekurangan suplai darah dan oksigen karena kolesterol tinggi dapat mengakibatkan tubuh gampang lelah.

Tubuh juga perlu nutrisi yang cukup agar dapat melakuakan aktivitas secara optimal.

Suplai nutrisi di dalam tubuh dapat terhambat karena kadar kolesterol yang tinggi.

3. Otot mudah lelah

Seperti pada poin diatas, kekurangan nutrisi, suplai darah, dan oksigen karena penyempitan pembuluh darah di arteri mengakibatkan jaringan tubuh terutama otot menjadi mudah lelah.

4. Dada terasa nyeri

Kolesterol dapat mengakibatkan pembuluh darah di jantung menyempit.

Suplai oksigen dan nutrisi ke jantung dapat terganggu karena penumpukan lemak di pembulu darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.