Peneliti IPI Sebut Rasyid Rajasa Sangat Berpotensi Wakili Generasi Milenial di DPR-RI

BANDUNG – Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Jawa Barat, meliputi Kota Cimahi dan Kota Bandung dikenal sebagai salah satu daerah dengan pesohor bertabur bintang. Mulai dari politisi senior hingga artis ternama kerap muncul dalam pesta demokrasi mencoba peruntungan maju ke Senayan menjadi Anggota DPR-RI.

Akan tetapi, di Dapil tersebut belum pernah lahir calon anggota legislatif DPR-RI berlatarbelakang entrepreneur muda dekat dengan kalangan milenial dan berjiwa visioner.

“Benar, Dapil 1 Jabar itu daerah yang banyak politisi senior dan nama-nama artis, tapi belum ada caleg berlatarbelakang entrepreneur muda,” ucap Peneliti Indokator Politik Indonesia (IPI), Bawono Kumoro, Minggu (10/7/2022).

Nama-nama pesohor atau artis yang sudah tak asing lagi namanya yang berasal dari Dapil 1 sebut saja politisi Nasdem, Muhammad Farhan atau politisi dari PDI Perjuangan Junico BP Siahaan atau lebih dikenal Nico Siahaan.

“Keduanya berlatar belakang artis dan politisi. Mereka para petahana saat ini duduk di DPR RI dari Dapil 1. Mereka juga bisa dibilang mencerminkan karakteristik itu,” kata Bawono.

Padahal, kata Bawono, karakteristik pemilih di Dapil 1 Jabar lekat dengan citra muda milenial yang kreatif dan entrepreneur. Apalagi Kota Bandung selama ini sebagai salah satu daerah penghasil produk-produk ekonomi kreatif yang dikembangkan anak muda berjiwa entrepreneur.

“Kehadiran caleg muda DPR-RI yang visioner harus muncul karena dapat memberikan perspektif, pandangan dan juga representasi generasi milenial saat ini,” ujarnya.

Bawono menegaskan, kehadiran generasi milenial khusunya dari kalangan entrepreneur yang visioner sangat dibutuhkan di kancah panggung politik negeri ini.

“Kami menilai caleg DPR-RI generasi milenial, apalagi entrepreneur bisa berperan besar dalam mengambil bagian dari sebuah perubahan,” sambungnya.

Bawono menyebut, misalnya saja beberapa nama baru yang berpotensi sebagai perwakilan milenial, berjiwa entrepreneur dan visioner seperti Ketua DPD PAN Kota Bandung, Rasid Rajasa atau juga mantan atlet bulutangkis Ricki Soebagdja.

“Sosok muda, milenial, berjiwa entrepreneur dan visioner ini bisa saja muncul dalam pemilu mendatang di Dapil 1 Jabar, dan jadi pilihan yang tepat, ” tandasnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan