Tingkatkan Literasi Warga, Kadis PMD Kabupaten Bandung Sarankan Desa Kembangkan Pojok Baca

Editor:

CILEUNYI – Fasilitas literasi sangat diperlukan guna menunjang kebutuhan ilmu pengetahuan bagi masyarakat hingga tingkat desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bandung, Tata Irawan Subandi menyampaikan, peran desa sangat penting terhadap kekayaan literasi masyatakat.

“Untuk literasi masyarakat di desa, sudah diimbau supaya setiap desa tersedia pojok baca,” kata Tata kepada Jabar Ekspres saat ditemui di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Menurutnya, dengan disiapkannya fasilitas literasi melalui pojok baca di setiap kantor desa, bisa menjadi bentuk upaya dalam menyuarakan masyatakat dalam membaca.

“Di setiap desa sudah terfasilitasi pojok baca dengan berbagai buku bacaan. Ada yang desanya mengembangkan pojok baca jadi taman baca ada yang belum,” ujar Tata.

Artinya, dijelaskan Tata, pihak pemerintah desa di wilayah Kabupaten Bandung tergolong sangat memperhatikan kekayaan literasi dan berupaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Dilanjutkan Tata, hal itu terlihat secara realitas dari sudah tersedianya pojok baca di setiap kantor desa dan beberapa daerah telah mengembangkannya menjadi taman baca bahkan perpustakaan desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.