Kasus Covid-19 Naik Lagi! Luhut Bilang Ini Ke Masyarakat

Jabareskpres.com- Imbas dari kenaikan angka Covid-19 di Indonesia akhir-akhir ini Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa masyarakat merupakan kunci penanganan pandemi di Indonesia.

Dikutip dari JPNN bahwasannya menteri Menko Marves tersebut memohon kepada masyrakat Indonesia agar melakukan vaksinasi lengkap sampai 3 dosis.

“Untuk itu, dari lubuk hati yang paling dalam, saya memohon kepada masyarakat yang belum melakukan vaksinasi lengkap sampai booster,” ungkap Luhut dalam keterangan yang dikutip Selasa (5/7).

Dia juga meminta agar masyarakat Indonesia segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang sudah tersedia.

“Demi kebaikan kita bersama dalam menghadapi pandemi dan pemulihan ekonomi yang masih berjalan saat ini,” ucap Luhut Binsar.

Luhut juga ,emyebutkan bahwa capaian vaksinasi booster di Indonesia ternyata masih rendah.

Ia juga menyebut bahwasannya rata-rata orang masuk mal per hari sebesar 1,9 juta orang, tetapi hanya 24,6 persen yang sudah menjalani vaksinasi booster.

“Di tengah peningkatan kasus yang terjadi, hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, mengingat antibodi masyarakat akan makin berkurang,” kata Luhut.

Di sisi lain, peningkatan kasus Covid-19 di beberapa negara terjadi begitu signifikan, seperti di Prancis, Italia, dan Jerman. Kenaikan signifikan juga terjadi di negara tetangga, Singapura.

“Kabar baiknya, Indonesia menempati posisi terendah pada kasus harian terhadap populasi, jika dibandingkan beberapa negara tetangga lainnya,” ujar Luhut.

Oleh karena itu, berdasarkan hasil rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, pemerintah akan memberlakuan vaksin booster sebagai syarat mobilitas masyarakat di tempat publik.

Kebijakan baru ini akan diatur melalui peraturan Satgas dan peraturan turunan lainnya. Pemerintah juga telah meminta kepada TNI, Polri, serta pemda kembali mendorong kebijakan vaksinasi dan juga tracing.

Untuk itu peraturan masuk ke fasilitas publik seperti mal atau kantor akan di ubah, dari yang asalnya minimal dosis 2 menjadi dosis 3 (booster)

“Untuk mendorong vaksinasi booster, syarat perjalanan dan masuk tempat umum seperti mal dan perkantoran, akan diubah jadi vaksinasi booster,” kata Luhut Binsar.

(JPNN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan