Apa Saja Manfaat Retinol untuk Wajah? Begini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Apakah benar manfaat retinol bisa membuat kulit wajah menjadi awet muda? Untuk mengetahui jawabannya, Anda sebaiknya simak artikel ini sampai selesai.

Retinol kini sedang trending di google trend, lalu banyak informasi yang memberitakan tentang manfaat yang luar biasa dari zat ini.

Sebagai informasi, salah satu manfaat retinol yang paling populer adalah membuat wajah tampak awet muda. Zat ini memang terkenal efektif untuk memperlambat tanda penuaan.

Namun, ternyata retinol juga memiliki beragam manfaat lain untuk kulit wajah. Bahkan, zat ini sering ada dalam berbagai jenis produk perawatan kulit wajah.

Jadi, apa saja manfaat dari retinol untuk kulit wajah? Seperti dirangkum dari berbagai sumber, ini penjelasannya.

1. Kulit wajah terlihat awet muda

Retinol mampu memperlambat proses penuaan dini pada kulit dengan cara memelihara fungsi lapisan kulit terluar atau epidermis.

Sehingga, berfungsi sebagai pelindung tubuh, menjaga agar kulit tetap terhidrasi, dan mencegah penurunan produksi kolagen.

2. Memperbaiki lapisan kulit

Retinol memiliki molekul kecil yang dapat masuk ke dalam lapisan epidermis. Ketika berada di lapisan tengah kulit, zat tersebut akan memberikan efek pengelupasan yang baik untuk proses regenerasi kulit.

Dengan begitu, lapisan kulit baru yang teksturnya lebih lembut dapat terbentuk.

3. Membuat kulit elastis

Penggunaan retinol diketahui dapat meningkatkan ketebalan epidermis dan merangsang produksi kolagen pada kulit wajah. Kolagen sendiri bermanfaat untuk mencegah kulit kering serta meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

4. Memudarkan bintik hitam

Tahukah Anda, paparan sinar matahari secara berlebih dapat memberikan efek buruk pada kulit wajah, diantaranya munculnya bintik hitam.

Tentu hal ini dapat menganggu penampilan Anda. Retinol diketahui bisa memudarkan bintik hitam dan memperbaiki kerusakan kulit akibat efek buruk sinar matahari.

5. Mencegah timbulnya jerawat

Retinol mengandung agen komedolitik yang bisa mencegah pembentukan komedo atau jerawat di kulit wajah.

Zat ini juga mampu merawat kulit berjerawat, bahkan menyembuhkan bekas jerawat agar tidak semakin parah.

Manfaat retinol untuk kulit wajah tidak bisa secara instan dan memerlukan waktu beberapa minggu atau hingga 6–12 bulan demi mendapat hasil yang maksimal

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan