Tampil Lebih Muda Dengan Serum Retinol Emang Bisa? Berikut Cara Memilih Produk Yang Tepat Untuk Kulit Anda

JABAR EKSPRES – Retinol, sebuah kandungan skincare yang bisa mengubah kulit wajah Anda, tetapi apakah Anda masih ragu-ragu apakah kulit Anda akan cocok dengan serum yang memiliki kandungan retinol?

Meskipun serum yang memiliki kandungan retinol memiliki manfaat besar untuk kulit, sebaiknya kita tidak boleh mengabaikan potensi efek samping yang mungkin timbul.

Retinol, yang merupakan turunan dari vitamin A, telah terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk kulit.

Kandungan serum retinol ini dapat membantu mengurangi kerutan, meratakan pigmentasi, mengencangkan kulit, dan membersihkan pori-pori, kata Danusia Wnek, seorang apoteker di Beauty, Health & Sustainability Lab kepada Good Housekeeping.

Baca juga : Kecantikan Alami dengan 5 Produk Makeup Natural dari Wardah yang Wajib Kamu Coba!

Namun, perlu di ingat bahwa retinol juga bisa menyebabkan gejala iritasi seperti kemerahan, sensasi pedih, atau bahkan pengelupasan jika tidak di gunakan dengan benar.

Namun, ini tidak berarti Anda dengan kulit sensitif harus menyerah begitu saja. Masih ada cara untuk menikmati manfaat retinol tanpa mengorbankan kesehatan kulit Anda.

Jika Anda seorang pemula dalam penggunaan retinol, sebagian besar pakar kulit merekomendasikan produk dengan konsentrasi retinol sekitar 0,25 hingga 1 persen untuk memulai.

Setelah kulit Anda terbiasa, Anda dapat mencoba produk dengan konsentrasi retinol yang lebih tinggi.

Berikut beberapa produk retinol yang direkomendasikan untuk pemula:

  1. Trueve Granactive Retinoid Serum (15 ml) – Rp185.300

Serum ini mengandung retinoid terenkapsulasi 2% yang stabil dan memiliki risiko iritasi yang lebih rendah, sangat cocok untuk pemula.

  1. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol (20 ml) – Rp155.000

Brand Somethinc memiliki produk dengan retinol terenkapsulasi (1%) yang relatif aman bagi pemula. Produk ini juga mengandung asam hialuronat, betaina, skualan, dan 4-t-Butylcyclohexanol. Produk ini bisa di gunakan mulai dari usia 17 tahun.

  1. Whitelab Retinol Treatment Serum (15 ml) – Rp99.800

Serum retinol dari Whitelab ini di formulasikan dengan retinol terenkapsulasi (1%), asam ferulat, hyaglutamic 10000TM, dan ceramide-4 untuk mengatasi tanda-tanda penuaan kulit.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya memilih produk retinol dengan konsentrasi yang lebih rendah, seperti 0,1 hingga 0,5 persen. Agar kulit dapat beradaptasi dengan baik sebelum beralih ke konsentrasi yang lebih tinggi, menurut saran Brendan Camp, M.D., seorang pakar kulit di New York.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan