Ketahui Manfaat Penggunaan Retinol Hingga Efek Sampingnya!

JABAR EKSPRES – Saat ini marak berbagai produk perawatan kulit yang memiliki kandungan retinol, sementara itu retinol sendiri adalah bentuk vitamin A yang kaya akan berbagai manfaat baik.

Vitamin A yang merupakan nutrisi penting yang berperan besar dalam menjaga kesehatan kulit, penglihatan, sistem kekebalan tubuh, dan pertumbuhan sel-sel tubuh.

Oleh sebab itu saat ini banyak yang menggunakan retinol karena kandungan di dalamnya mudah diserap oleh tubuh manusia dan memiliki berbagai kandungan baik bagi kulit.

Retinol sendiri merupakan bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit yang bermanfaat untuk merangsang regenerasi sel-sel kulit.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Lain Daun Jambu Biji, Selain Untuk Pencernaan!

Selain itu kandungan ini juga bermanfaat dalam membantu pengurangan kerutan, garis halus, dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya. Retinol juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, hiperpigmentasi, dan tekstur kulit yang tidak rata.

Cara kerja retinol yaitu dengan merangsang produksi kolagen dan mempercepat pergantian sel kulit, sehingga membantu kulit terlihat lebih segar dan muda.

Retinol juga diketahui cukup efektif dalam mengatasi jerawat. Karena kemampuannya yang dapat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mengurangi peradangan kulit yang terkait dengan jerawat.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan retinol selain memberikan manfaat baik, terdapat pula efek samping penggunaan yang dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

BACA JUGA: 11 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Ketahui Hal Penting Ini!

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan tabir surya setiap hari saat menggunakan produk yang mengandung retinol, dan sebaiknya menggunakan retinol di malam hari.

Penting untuk kamu ketahui juga bahwa penggunaan retinol bisa menyebabkan efek samping seperti kulit kering, mengelupas, kemerahan, dan gatal. Ini biasanya merupakan reaksi awal yang disebut sebagai fase “purging” ketika kulit kamu beradaptasi dengan produk tersebut. Namun, efek samping ini seharusnya berkurang seiring waktu.

Saat ini retinol dapat ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit, termasuk krim, serum, dan lotion. Konsentrasi retinol dalam produk dapat bervariasi, jadi penting untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan