Awas, Salah Ngecharge HP, Baterai Bisa Gampang Ngedrop. Ini Cara yang Benar

JABAREKSPRES.COM – Banyak yang sering mengalami baterai Handphone (HP) jadi cepat sekali habis, atau menggelembung. Hal ini banyak sekali faktornya, salah satunya karena salah saat mengisi daya atau ngecharge. Kesalahan saat mengisi daya baterai bukan hanya berdampak pada baterai yang jadi cepat habis atau ngedrop. namun bisa juga karena baterai yang terlanjur bocor.

Menurut Samsung Electrinics Indonesia (SEI) penyebab bocornya baterai gadget itu salah satunya disebabkan oleh kesalahan dalam pengecasan. Sementara kesalahan pengisian beragam jenisnya.

Salah satunya saat mengisi baterai gadget hingga 100 persen, ternyata hal tidak dianjurkan. Proses pengisian baterai gadget yang direkomendasikan adalah mulai ketika baterai sudah menunjukkan angka 30 persen, dan berhenti di 80-65 persen.

Jika Anda menggunakan ponsel Samsung, hal ini bisa dibantu dengan melakukan pengaturan tertentu pada ponsel

Dengan menggunakan fitur “protect battery”, ponsel Samsung bisa dibatasi untuk berhenti ngecas, ketika indikator menunjukan angka 85 persen.

Tips mengisi daya Baterai Hp agar menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah ngedrop.

• Tak perlu tunggu hingga 100 persen. Ya, baterai berbasis lithium-ion, akan lebih bagus jika mengisi daya dalam beberapa kesempatan yang berbeda. Dengan begini, umurnya akan jauh lebih panjang.
• Jangan tunggu habis. Anda tidak perlu menunggu hingga habis baru diisi ulang. pengisian ulang bisa dilakukan setiap ada kesempatan.
• Berhenti sebelum 100 persen. Ketimbang membiarkannya hingga 100 persen dalam sekali charge, berhenti di 80 persen, lalu biarkan seratus persen pada charge kedua (di lain kesempatan), dan ulangi lagi seterusnya.

Amankah Menggunakan HP yang Baterainya Menggelembung?

Jawaban menurut para ahli tentu saja tidak. Baterai yang menggelembung disebabkan oleh berbagai faktor. salah satunya adalah, ketika baterai HP terlalu panas, maka terbentuklah gas di dalamnya, Gas inilah yang kemudian membuat Baterai HP menggelembung.

Penyebab lainnya adalah , penggunaan HP yang berlebihan, dicas terlalu lama, atau bisa juga disebabkan oleh cacat pabrik.
Jika baterai HP menggelembung, maka langkah yang harus dilakukan adalah menggantinya.

Menunggunya untuk kempes dengan sendirinya, adalah sebuah usaha yang hanya akan berakhir sia-sia. Bahkan ada juga yang berusaha menusuknya dengan benda tajam, karena baterai yang menggelembung akan sangat berbahaya.

Tinggalkan Balasan