oleh

Misteri-Misteri Gunung Manglayang yang Masih Menjadi Teka-teki

Jabarekspres.com — Gunung Manglayang merupakan salah satu gunung yang berada di Kota Bandung. Ia disebut-sebut sebagai Surga dari Bandung Timur.

Ia selalu menjadi daftar kunjungan para wisatawan yang hendak pergi ke Bandung, khususnya Bandung Timur.

Kendati menawarkan panorama indah, namun Gunung Manglayang menyimpan banyak misteri dan kisah-kisah mistis hingga saat ini.

  1. Nama “Manglayang”

Menurut berbagai sumber, kata “Manglayang” berasal dari kata “layang”. “Layang” artinya “terbang”.  Konon katanya, penamaan tersebut dikaitkan dengan legenda kuda terbang Sembrani.

Suatu kisah menceritakan bahwa kuda Sembrani ini mengalami kecelakaan ketika ia sedang terbang dan kemudian terjatuh di atas gunung.

  1. Kuda terbang jatuh dan menjadi batu
Baca Juga:  Hati-Hati Kalau Ke Kamar Mandi, Inilah 5 Hantu yang Bisa Jadi Ada di Kamar Mandi Rumahmu

Kuda Sembrani, konon katanya, merupakan kuda milik Prabu Layang Kusumo. Suatu ketika, Prabu Layang Kusumo ini melakukan perjalanan dengan kudanya itu dari Cirebon menuju Banten.

Namun, perjalanan mereka terhenti di tengah jalan sebab kudanya oleng dan kemudian terjerembab di atas gunung. Selain itu, kuda tersebut terjebak di suatu lumpur hingga membuat dirinya tenggelam dan hanya menyisakan kepalanya saja.

Hampir selama ribuan bahkan ratusan tahun kuda tersebut tersekat di sana sehingga dirinya pun membeku menjadi batu.

  1. Batu Lawang & Batu Kursi

Prabu Layang Kusumo tak bisa berbuat banyak untuk membantu kudanya yang terjebak di lumpur itu. Dia hanya bisa menunggu seraya berharap bahwa kudanya bisa segera bebas.

Baca Juga:  Peringati HLUN, Bandung Deklarasikan Diri sebagai Kota Ramah Lansia

Karena tak bisa berbuat apa-apa, Prabu Layang Kusumo hanya menunggu duduk di atas batu bernama Batu Kursi. Itulah cerita dari Batu Kursi Gunung Manglayang.

Sedangkan Batu Lawang adalah sebuah batu besar yang ada di sana. Sepintas Batu Lawang ini berbentuk seperti sebuah gerbang besar. Dan konon katanya, Batu Lawang ini merupakan portal menuju alam gaib.

  1. Larangan hari bagi para pendaki

Gunung ini selalu menjadi tujuan destinasi pendakian gunung di Bandung. Banyak orang di luar daerah rela ke Bandung hanya untuk mendaki Gunung Manglayang ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.