Airlangga Hartarto Usulkan Upacara Kemerdekaan 2024 Dilaksanakan di IKN

KALTIM – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini  sedang dikebut pengerjaannya. Sehingga harus sesuai dengan target dan tepat waktu.

Menurutnya, Partai Golkar sangat mendukung pembangunan IKN sebagai pusat pemerintahan masa depan Indonesia.

Presiden Joko Widodo sudah memberikan target pembangunan bisa dilaksanakan dengan cepat. Nantinya, upacara Kemerdekaan RI akan digelar di IKN baru pada 2024.

“Sesuai perintah Presiden Joko Widodo bahwa upacara hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara,” kata Airlangga Hartarto saat mengunjungi Titik Nol IKN di Kalimantan Timur, Sabtu (18/6).

Menko Bidang Perekonomian ini seluruh jajaran Partai Golkar untuk mendukung pembangunan IKN di Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menurutnya, Ibu Kota Baru ini, didesain memiliki konsep berwawasan lingkungan dan memiliki peranan vital dalam pemerataan pembangunan di Indonesia.

Kehadiran Partai Golkar di Paser Penajam Utara sebagai bentuk dukungan penuh agar proyek luar biasa di IKN bisa selesai dengan tuntas.

“Ini bukan sebuah proyek biasa, jadi wajib dilaksanakan dengan tuntas,” tegas Airlangga.

Pembangunan IKN sudah melalui kajian dan memiliki konsep tata ruang. Bahkan pada kesempatan itu jajaran petinggi Partai Golkar menyempatkan diri meninjau progres pembangunan bendungan di IKN yang sudah mencapai 55 persen.

Menko Airlangga menilai, proyek pembangunan bendungan menjadi dasar bagi kehidupan di IKN nantinya.

“Diharapkan dengan infrastruktur yang jadi ini maka kota ini bisa terbangun, menjadi kota pusat pemerintah, pusat simbol kota masa depan,” tutur Airlangga.

Keberadaan IKN sudah disepakati oleh banyak pihak. Termasuk dukungan penuh dari legislatif.

Dengan begitu, pembangunan IKN harus segera dituntaskan dengan membuat kesapakatan RUU IKN menjadi Undang-undang.

“Yang dibangun ini bukan Kota Penajam Paser Utara, tetapi yang dibangun ini adalah masa depan Indonesia,” tegas Airlangga.

Dalam kujungannya itu, Airlangga Hartarto meninjau IKN bersama jajaran pengurus DPP partai beringin.

Tampak hadir Sekjen Golkar Lodewijk Paulus yang juga Wakil Ketua DPR, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Selain itu, Wakil Ketum Golkar bidang Kominfo, Nurul Arifin, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung, serta anggota fraksi Golkar di Komisi X Hetifah Sjaifudian. (red).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan